Jadi WCU, UIN Malang Mulai Siapkan Berbagai Hal

0
20
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Mudjia Rahardjo. (deny)

MALANGVOICE – Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang dideklarasikan menuju World Class University (WCU), mengundang reaksi dari sang rektor, Mudjia Rahardjo, untuk mempersiapkan segala hal.

Saat penutupan ICIS 2015, siang tadi, Mudjia mengatakan, pihaknya akan membangun dan menambah fasilitas yang belum dimiliki. Tapi ia tak menyebutkan secara rinci apa saja dan dari mana sumber dananya.

“Yang jelas, menuju WCU pasti ada peningkatan sarana dan prasana. Memang ada dukungan dari banyak pihak,” katanya pada MVoice.

Dengan status WCU, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yakin UIN mampu memadukan spiritualitas dan intelektualitas, serta mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan agama dalam konteks kekinian.

“Saya yakin dengan tekad dan keseriusan kita semua, UIN Malang dapat menjadi salah satu kiblat perguruan tinggi Islam di seluruh dunia,” tambahnya.

Saat ini, lanjut JK, dunia mengalami dua fenomena ekstrim. Yaitu, saat ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih, sementara akhlak makin merosot drastis. Seperti beberapa aksi teror di Beirut dan Paris serta belahan bumi lain. Sehingga nama Islam semakin berdampak buruk dan mengkhawatirkan.

Deklarasi UIN Maulana Malik Ibrahim menuju WCU itu dilakukan saat penutupan ICIS 2015 dihadapan 32 perwakilan cendikiawan dan ulama berbagai negara.-