ISI Diminta Buat Aplikasi Tanah di Android

0
12
Ferry Mursyidan Baldan. (fathul)

MALANGVOICE – Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Drs Ferry Mursyidan Baldan, berpesan kepada Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) membuat aplikasi di android untuk memudahkan warga mengurus administrasi pertanahan.

“Karena adminstrasi pertanahan ini bukan sekedar selembar data, tapi databasenya di surveyor. Nah, sekarang zaman android, kalau bisa online bagus,” kata Ferry.

Selain itu, ia berpesan dalam pengembangan kawasan tidak boleh berpikir sempit. Ia mengistilahkan langsung dengan helicopter view karena pemetaan kawasan bisa dilakukan dengan helikopter.

“Jangan terjebak membuat konsep tata ruang dengan cakupan kabupaten/kota, atau provinsi saja. Harus menyambung satu kawasan sehingga bisa saling sinergi,” kata Ferry dalam sambutannya, beberapa menit lalu.

Bila pembangunan kawasan dan tata ruang ini dipikirkan hanya dalam satu batas geografi tertentu, lanjut Ferry, akan terjadi missconnection antar wilayah. Konsekuensinya, perataan pembangunan akan sulit.

“Surveyor dalam ISI inilah yang membantu pemerintah dalam hal ini, dengan membuat peta tanah. Bukan dengan masuk jauh ke perkebunan, tapi melalui helicopter view tadi,” tambahnya.