Intensitas Hujan Meningkat, Waspadai Banjir!

0
5

MALANGVOICE – Musim penghujan diperkirakan memasuki puncaknya pada Februari mendatang. Demikian prediksi BMKG Karangploso Malang. Sejumlah lokasi di wilayah Malang sebagian besar akan mengalami hujan berintensitas sedang hingga besar.

Prakirawan BMKG Karangploso, Ahmad Lutfi, menjelaskan, pasca tahun baru, intensitas hujan bisa meningkat dari level ringan ke sedang pada beberapa titik. Kemudian membuat potensi banjir di beberapa titik di Malang Raya.

Berdasar laporan BMKG Karangploso melalui web resminya, daerah yang berpotensi banjir di antaranya Blimbing, Sukun, Lowokwaru, untuk wilayah Malang Kota. Sumber Manjing Wetan, Dampit, Lawang, Bumiaji dan Turen untuk wilayah Kabupaten Malang.

“Potensi itu muncul di Januari. Skalanya masih sedang. Memasuki Februari, ketika intesitas hujan meningkat, ada beberapa titik yang level banjirnya diprediksi tinggi, yakni sekitar Pujon, Kasembon dan Ngantang,” kata dia.

Lutfi menambahkan, setelah terjadi musim kemarau cukup panjang sekitar 7-8 bukan, datangnya musim penghujan bervariasi di berbagai daerah. Ada yang mulai turun di November, namun ada juga yang baru merasakan hujan di akhir Desember.