Install ‘Jelajah Malang Raya’, Semua Info Wisata Malang Raya Tersedia

0
488
Roy/kiri
Roy/kiri (istimewa)

MALANGVOICE – Menjelajah lokasi dan mencari informasi wisata, lengkap dengan kuliner terlezat di Malang Raya, kini menjadi lebih mudah, dengan tersedianya berbagai aplikasi Android.

Bagi yang ingin mengeksplore Malang Raya, instal saja aplikasi ‘Jelajah Malang Raya’ dari Android Anda. Aplikasi berbasis Android karya Roy Maulana ini memang dibuat khusus untuk memudahkan wisatawan mencari informasi seputar objek wisata di Malang Raya.

Roy, demikian ia akrab disapa, mengatakan, ide membuat aplikasi itu muncul sejak 2012. Saat itu, pria kelahiran 1966 ini aktif mempublikasikan informasi wisata Malang Raya melalui Tourism Information Magazine (TIM).

“Kemudian saya beralih ke website. Dan ternyata respon masyarakat sangat positif, karena website lebih dinamis dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Kalau majalah atau media cetak, selesai baca dibuang,” katanya, saat dihubungi MVoice.

Seiring berjalannya waktu, Roy melihat masyarakat kini sudah tak bisa lepas dari gadget, terutama smartphone dengan OS Android. Mulailah ia dan timnya mengumpulkan database pariwisata, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

“Dari situ muncul ide membuat aplikasi Android. Akhir 2015 saya mulai mengumpulkan data-data untuk pembuatannya. Dan akhir Maret 2016 kemarin, aplikasi pertama ini rilis. Sayangnya waktu itu belum support dengan versi Android yang baru. Namanya masih ‘Jelajah Malang’. Nah, sekarang sudah saya update untuk OS Android N,” sambung pria asli Celaket, Kota Malang ini.

Ia juga memaparkan, fitur aplikasi itu cukup lengkap, berbagai informasi terupdate seputar objek wisata, mulai wilayah timur, barat, selatan, utara dan tengah Malang, semua tersedia. Adapula informasi kuliner, akomodasi, souvenir, berita dan telepon penting. Informasi kuliner yang tersedia juga sangat khas Malang, seperti pecel, orem-orem, rujak cingur, mie ayam, dan sebagainya.

“Capcay dan nasi goreng tidak masuk ya. Itu terlalu umum. Lalu untuk akomodasi, di aplikasi ini sudah tersedia info hotel dan guest house,” katanya.

Cara kerjanya juga mudah. Pengguna tinggal memilih tombol atau lokasi wisata yang dituju. Aplikasi secara otomatis membuka Google GPS yang langsung menunjuk arah jalan dari lokasi pengguna ke lokasi tujuan. Menariknya lagi, aplikasi ini juga disertai informasi telepon penting dan berita.

“Ini isinya nomor telepon penting bila wisatawan terjebak di daerah pelosok dan butuh bantuan segera. Untuk informasi berita juga sudah connect dengan media online terkemuka di Malang Raya, malangvoice.com,” tambahnya.

Dia berharap aplikasi ini benar-benar bisa mempublikasikan objek wisata Malang dan membantu pelaku UKM untuk memasarkan hasil kerajinannya.

“Warga Malang dan wisatawan wajib download aplikasi ini. Sejak peluncuran versi terbaru kemarin, yang download sudah 60 orang. Saya sarankan selalu update download aplikasi ini tiap bulan di Play Store,” katanya antusias.