Inilah Lima Faktor Penyebab Unggulnya Rendra-Sanusi

0
52
Salah satu pendukung Malang Anyar mengibarkan bendera saat Kampanye di Stadion Kanjuruhan. (fathul)

MALANGVOICE – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis lima faktor yang membuat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang, Hj Dewanti Rumpoko dan Hj Masrifah Hadi, tidak bisa mengungguli H Rendra Kresna – HM Sanusi.

Lima faktor itu adalah, tingkat popularitas, tingkat kesukaan, tingkat interaksi dengan masyarakat, tingkat kepribadian, dan masyarakat yang masih ingin dipimpin lelaki dibanding perempuan.

Koordinator LSI Jatim, Imam Fauzi, memaparkan, dari tingkat popularitas, Dewanti-Masrifah jauh di bawah Rendra-Sanusi. Hanya 1,4 persen warga Malang yang tidak mengenal Rendra, sedangkan Dewanti tidak dikenal oleh 30,8 persen warga.

“Yang tidak kalah penting adalah tingkat kesukaan. Dari survei, 83 persen warga suka terhadap Rendra-Sanusi, sementara Dewanti-Masrifah hanya disukai 62,3 persen warga Malang,” ungkap Fauzi.

Kriteria ketiga, interaksi Dewanti-Masrifah yang dinilai masih rendah. Fauzi mengatakan, saat warga ditanya apakah Dewanti-Masrifah mendatangi sekitar tempat tinggalnya? Hanya 21,9 persen yang menjawab ‘ya’.

Sedangkan Rendra-Sanusi, dianggap sering berinteraksi dengan persentase mencapai 52,8 persen. “Saya kira datang dan blusukan ke warga masih menjadi faktor penting untuk mendongkrak popularitas,” jelasnya.

Keempat, Fauzi ingin mengetahui alasan-alasan pilihan warga kepada seluruh pasangan calon yang kemudian diperoleh Rendra-Sanusi meraih persentase paling besar dibanding dua calon lainnya.

“Terakhir, masyarakat Malang lebih ingin dipimpin bupati laki-laki sehingga memilih Rendra-Sanusi,” tutup Fauzi.-