Ini Manfaat Buah Naga yang Belum Anda Ketahui

0
154
buah naga daging merah (anja)
buah naga daging merah (anja)

MALANGVOICE – Buah Naga yang memiliki nama latin hylocereus polyrhizus, masih tergolong sebagai tanaman hias. Buah naga disebut sebagai Ratu Malam (moonflower), karena proses mekar bunganya terjadi pada malam hari.

Dosen Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Drs Anjisman MPd, menjelaskan terdapat dua jenis buah naga yaitu buah naga merah (hylocereus) dan buah naga kuning (selenicereus) yang membedakan dari keduanya adalah warna daging buahnya. walaupun demikian buah tersebut memiliki manfaat herbal yang sama.

“Buah ini bisa dijadikan obat herbal. Karena kandungan senyawa antioksidan yang tinggi membuat buah naga ini mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit,” paparnya kepada MVoice.

Dia menjelaskan, senyawa yang ada dibuah naga diantaranya beta karoten, likopen, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin E.

“Buah naga juga kaya akan senyawa prebiotik yang mampu melancarkan sistem pencernaan,” katanya.

Selain itu, buah ini mengandung serat yang larut air dan berfungsi untuk mengikat asam empedu sehingga mampu menurunkan kolesterol pada tubuh.

Banyak khasiat yang dikandung buah naga seperti menyeimbangkan kadar gula dalam darah, mencegah penuaan dini, meningkatkan nafsu makan, memperkuat tulang dan gigi, berguna untuk kesehatan mata, mencegah penyakit diabetes melitus.

“Selain itu buah naga juga mengandung mineral yang penting seperti potasium, protein, ferum, sodium, serta kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi buah ini memang benar-benar saya sarankan rutin dikonsumsi,” tutupnya.