Ini Manfaat Buah Mahkota Dewa yang Jarang Diketahui

0
848
Mahkota dewa (anja)

MALANGVOICE – Buah Mahkota Dewa merupakan tanaman asli Papua. Namun kini bisa ditemui di berbagai daerah dan diolah menjadi berbagai bentuk obat.

Berikut adalah manfaat buah Mahkota Dewa sesuai kandungan senyawa kimianya, yang dirangkum MVoice dari Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang, Dr Ir Nurhidayati MP.

1. Detoksifikasi Tubuh

Organ tubuh seperti ginjal dan hati berfungsi untuk menetralisir racun, tapi racun yang menumpuk dalam tubuh tidak bisa keluar semua. Jadi kandungan senyawa alkaloid dalam buah mahkota dewa bisa membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh.

2. Melawan Infeksi Bakteri dan Virus

Beberapa jenis penyakit yang mudah menyerang tubuh dan disebabkan oleh bakteri dan virus misalnya seperti penyakit tifus, kolera, TBC dan jenis lain. Manfaat buah mahkota dewa bisa meningkatkan sistem tubuh untuk melawan bakteri dan virus karena mengandung saponin.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Jika tubuh lelah atau lemah maka mudah terserang penyakit, Anda bisa mengkonsumsi buah mahkota dewa yang mengandung senyawa saponin. Bahkan konsumsi rutin juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Menurunkan Resiko Diabates

Saponin yang ditemukan pada manfaat buah mahkota dewa untuk diabetes ternyata juga bisa membantu tubuh dalam mengelola kadar gula dalam darah.

5. Menurunkan Resiko Pembekuan Darah

Saponin dalam buah mahkota dewa juga bisa digunakan untuk menurunkan resiko pembekuan darah. Tubuh akan membentuk respon yang sangat kuat ketika terjadi masalah pembekuan darah. Hal ini juga ikut melibatkan kesehatan jantung dan beberapa organ lain seperti ginjal, sistem syaraf, otak, empedu dan semua bagian tubuh.

6. Menurunkan Resiko Alergi

Kandungan polifenol dalam buah mahkota dewa memiliki manfaat untuk mencegah alergi dan menurunkan potensi resiko alergi. Secara umum buah mahkota dewa memiliki sifat antihistamin sehingga baik untuk mencegah alergi.

7. Menurunkan Kolesterol

Buah mahkota dewa untuk kesehatan bisa menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Kandungan senyawa flavonoid secara efektif bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.