Ini Dia, Studio Animasi Asli Malang…

0
44
Agus Setiawan dan Logo Copycat

MALANGVOICE – Industri animasi mulai dilirik Pemerintah Kota Malang. Benih-benih animator muda pun bermunculan, berlomba menghasilkan karya animasi populer. Untuk itu banyak pemuda di Malang mulai mendirikan studio animasi sendiri.

Adalah Agus (Suga) Setyawan, mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang, yang merintis studio animasi dan sudah menghasilkan karya-karya luar biasa. Hebatnya, studionya mulai diakui kalangan pemerintahan di Malang sebagai industri kreatif Malang, sejak 2012 lalu.

studio copycat
studio copycat

Kecintaannya pada animasi memotivasinya mendirikan studio bernama Copycat Studio, di Jalan Sumberejo C5, Kompleks Perumahan YPPI, Kota Batu, yang menawarkan jasa pembuatan animasi untuk iklan, motion graphic, sculpting, komik, visual effect, dan sebagainya.

Meski personel terbatas, ia tak kkhawatir. Biasanya ia berbagi pengerjaan proyek besar ke studio lain.

“Kami sering bekerja sama dengan studio animasi lain di Malang. Kami juga biasa bagi tugas dan mengembangkan satu sama lain. Studio animasi lain juga melakukan hal yang sama. Soalnya proyek besar biasanya butuh tenaga lebih banyak dan waktu lebih lama,” jelasnya.

Ditemui oleh MVoice, beberapa waktu lalu, ia bercerita, pengalaman dan bekal ilmu animasi ia dapatkan dari sekolah, magang, dan pelatihan. Pada 2007, alumni SMKN 4 Grafika Malang ini pernah magang bersama 9 siswa lain selama 6 bulan di studio animasi Fonsel, Malaysia.

Di situ ia pernah ditugasi sebagai background artist, key animator, dan storyboard artist. Setelah lulus sekolah, sebenarnya ia ingin langsung bekerja saja, tapi ia memilih menerima tawaran beasiswa unggulan 4 tahun penuh dari Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya, di bangku perkuliahan ia memperdalam ilmu animasi dan menemukan banyak teman yang sama-sama tertarik dengan animasi. Selain itu, ia pernah juga mengikuti pelatihan di Bali yang diadakan Calabash Studio California dan beberapa pelatihan lain.

Karena pengalaman yang baik, Agus dipercaya Disperindag Kota Malang untuk menjadi narasumber pelatihan animasi pada Agustus 2015 lalu. Sejak saat itu ia dipercaya mengembangkan forum animasi di Kota Malang.

Ia berharap industri animasi di Malang semakin berkembang dan bersaing dengan animator dari kota lain. “Animator di Malang ini keren-keren. Bisa dibilang kita pantas bersaing dengan animator dari kota-kota besar lho. Karya animator di kota ini kualitasnya sudah baik. ” tambahnya.