Ini Dia, Sosok di Balik Keindahan Kampung Jodipan dan Kota Malang

0
309
Steven bersama Wakil Wali kota Malang, Sutiaji, di Kampung Jodipan

MALANGVOICE – Di balik warna-warni kampung Jodipan yang kini menjadi topi pembicaraan, tak hanya masyarakat Kota Malang, tapi juga turis dari Eropa, orang tak banyak tahu, bahwa ada sosok yang punya komitmen dan kontribusi besar untuk merealisasikan semua itu.

Siapa dia? Dialah Steven Antonius Sugiharto, Wakil Direktur perusahaan cat PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana Paint). Sejak awal, perusahaan cat ini memang berkomitmen memperindah tampilan Kota Malang dengan produk unggulan cat Decofresh.

Steven Bersama Pejabat Pemkot dan Rektor UMM
Steven Bersama Pejabat Pemkot dan Rektor UMM

Salah satu bukti dari kontribusi nyata Indana Paint adalah memberikan bantuan dana dan lebih dari 2 ton cat pada program CSR ‘Decofresh Warnai Jodipan’, yang kini menjadi obyek foto berbagai kalangan, bahkan bisa jadi salah satu ikon kota ini

Steven, demikian ia akrab disapa, dalam perjalanan dari Surabaya menuju Malang, mengatakan, Kampung Jodipan sebenarnya memiliki potensi pemandangan yang indah dan bagus. Sayangnya, bangunan yang ada tak terawatt, banyak yang berlumut, lingkungan kumuh, hingga membuat kampung itu tidak sedap dipandang.

“Landscape dan lokasinya cukup bagus. Akhirnya, kami dibantu mahasiswa mensosialisasikan gagasan itu ke masyarakat. Setelah masyarakat setuju, baru kami mulai proses pengecatan selama 2 bulanan. Dibantu 12 tukang. Kami juga sempat dibantu pasukan personel TNI AU untuk mengecat lokasi yang sulit dan tinggi di kampung itu,” paparnya pada MVoice, beberapa menit lalu.

Dia juga menambahkan, komitmen Indana Paint untuk memperindah Kota Malang juga terwujud dari beberapa program yang hampir sama untuk kampung-kampung yang lain.

“Ada kampung binaan Decofresh di Glintung dan di Sukun. Kami lakukan pembersihan dan pengecatan juga. Namun Jodipan inilah yang memang sangat atraktif, hingga menjadi pemberitaan heboh di media lokal dan nasional ya,” kata pria asli Malang lulusan Pasific States University ini.

Ke depan, Indana Paint bersama Pemerintah Kota Malang berencana melanjutkan program pengecatan ke kampung sebelah Jodipan.

Steven di kantor Indiana Paint
Steven di kantor Indiana Paint

“Memang pada waktu kunjungan ke Jodipan, Wakil Wali Kota, Sutiaji, dan Rektor UMM, Fauzan, mengharapkan kami bisa melanjutkan pengecatan ke kampung sebelahnya. Saya sampaikan juga, kalau Pemkot ada anggaran ya kami bantu, kalau tidak, juga tidak masalah. Nanti sosialisasinya ke masyarakat dari Pemkot,” paparnya lagi.

Lukisan 3D

Steven juga berencana menambahkan sentuhan lukisan 3 dimensi (3D) di Kampung Jodipan, agar semakin menarik wisatawan. Ia berharap Pemkot melihat peluang Kampung Warna-Warni Jodipan sebagai destinasi wisata baru Kota Malang, tentunya harus diikuti dengan penambahan/perbaikan fasilitas penerangan, bak sampah, parkir, dan sebagainya.

“Kami ingin Kota Malang punya destinasi wisata alternatif. Masa kripik tempe terus. Biar tidak kalah sama Kota Batu dan Kabupaten Malang. Apalagi dengan Piala Adipura Kirana yang baru didapat tahun ini, saya ikut berharap pihak juri Adipura bisa melirik Kampung Jodipan pada penilaian berikutnya,” tukasnya.

Terakhir, ia berharap produk Indana Paint dapat dikenal dan digunakan warga Malang pada khususnya, dan secara nasional pada umumnya.