Ini Dia Manfaat Daun Binahong Selain untuk Jamu

0
404
Mi sehat yang terbuat dari daun binahong (Dian Ayu Antika Hapsari)

MALANGVOICE-Selama ini daun binahong yang memiliki permukaan daun hampir membulat dan agak tebal, dikenal sebagai toga.

Namun siapa sangka, selain dimanfaatkan sebagai obat, juga bisa diubah menjadi bahan campuran pembuatan mi. Seperti yang dilakukan SMPN 23 Malang.

Mi sehat yang terbuat dari daun binahong (Dian Ayu Antika Hapsari)Mi dengan warna hijau didisplay di atas piring. Bahan pembuatnya biasa saja. Yakni tepung terigu, telur dan minyak goreng agar tekstur kenyal. Jangan lupa diberi ekstrak daun binahong yang sudah dihaluskan.

Guru ekskul tata boga, Tri Erna Ningtyasari menjelaskan, selain daun binahong mereka juga pernah mencoba olahan mi dari sayur dan buah.

Contohnya dari daun sawi, bayam, kangkung hingga buah naga. “Kami memanfaatkan tanaman yang ada di sekolah. Kebetulan kami menanam tanaman itu,” jelas Tri kepada MVoice, saat ditemui di ruang tata boga, pagi ini.
Tri menjelaskan, aneka olahan mi itu sudah pernah dikonsumsi. Rasanya juga tidak kalah nikmatnya dengan mi yang biasa dijual dipasaran. Namun memang produk buatan SMPN 23 ini masih belum dijual bebas. “Masih akan kami sempurnakan lagi agar makin layak dijual,” tegasnya.

Mi sehat yang terbuat dari daun binahong (Dian Ayu Antika Hapsari) Mi sehat yang terbuat dari daun binahong (Dian Ayu Antika Hapsari)