Ini Dia Kriteria Pengidap Diabetes

0
58

MALANGVOICE -Ternyata ada beberapa kriteria yang menandakan seseorang lebih rawan terkena diabetes. Berikut kriteria orang rawan diabetes, dirangkum MVoice dari dr Rahman Agus SpPD KEMD,

“Ada beberapa kriteria orang lebih berisiko untuk mengidap diabetes tipe 2. Kriteria itu salah satunya bertubuh gemuk. Biasanya kondisi ini dinyatakan dengan berat badan yang melebihi 120 persen dari berat badan ideal,” kata dokter spesialis penyakit dalam ini.

Selain itu, kegemukan juga bisa ditandai dengan indeks massa tubuh (IMT) yang lebih dari 25 kg/m2.

“Seseorang bertekanan darah lebih dari 140/90 mmHg juga menjadi salah satu faktor risiko diabetes. Risiko ini akan semakin meningkat jika terdapat riwayat keluarga yang mengidap diabetes juga,” kata dia.

Ia menegaskan, faktor risikonya bertambah jika wanita pernah melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4 kg. Atau jika ia pernah dinyatakan mengalami diabetes saat kehamilan atau diabetes gestasional.

Risiko diabetes juga menghantui mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi, yakni gula darah puasa lebih dari 126 mg/dL atau kadar gula darah dua jam setelah makan lebih dari 200 mg/dL.

Gejala diabetes sendiri sebenarnya tidak spesifik, bahkan terkesan sangat ringan. Gejala khas diabetes di antaranya poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (sering lapar). Selain gejala khas, ada juga gejala tidak khas dari diabetes seperti kesemutan, gatal di kelamin, keputihan, infeksi sulit sembuh, cepat lelah serta mudah mengantuk.

“Kuncinya, gaya hidup sehat dan rajin bergerak. Sekarang jaman serba dipermudah, sih. Kemana-mana ada motor, lapar tinggal pesan delivery,” tuturnya.