Ini Dia Item Pembiayaan Tata Kelola Dana BOS 2016

0
122
Buku Pelajaran
Buku Pelajaran (anja)

MALANGVOICE – Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di SMK negeri dan swasta di Kota Malang dapat digunakan untuk membiayai banyak komponen kegiatan, salah satunya pengadaan buku pelajaran/penunjang pelajaran.

Hal itu dijelaskan perwakilan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI), Rusman Azmi Lc MAg, pada Seminar Tata Kelola BOS 2016 di Dinas Pendidikan Kota Malang.

“Item pembiayaan yang diutamakan adalah membeli buku teks pelajaran untuk peserta didik dan pegangan guru sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh satuan,” paparnya beberapa menit lalu.

Selain itu, dana BOS digunakan  untuk pengadaan buku teks bacaan dan buku kejuruan.

“Buku teks yang dibeli mencakup pembelian buku pelajaran baru, mengganti buku yang rusak, dan membeli kekurangan buku agar tercukupi rasio satu peserta didik satu buku untuk setiap mata pelajaran,” tambahnya.

Ia menandaskan, buku teks yang dapat dibeli adalah buku yang telah dinilai dan telah ditetapkan harga eceran tertigginya oleh Kemendikbud.

Selain itu, dana BOS digunakan untuk pengadaan peralatan kebersihan, biaya pembelian alat keselamatan dan kesehatan.

“Termasuk pengadaan alat kantor, biaya surat menyurat, dan biaya manajement pengelolaan dana BOS dan lain sebagainya,” tutupnya.