Ini Dia, Dua Pesawat Tempur Lanud Abd Saleh Peserta Latgab Sida

0
155
Pantauan latihan Sikatan Daya (Sida) di Lanud Abdurrachman Saleh
Pantauan latihan Sikatan Daya (Sida) di Lanud Abdurrachman Saleh

MALANGVOICE- Lanud Abdurrachman Saleh menerjunkan empat pesawat tempur super canggih dalam Latgab (Latihan Gabungan) Sida (Sikatan Daya) yang digelar sejak 25 Mei hingga 2 Juni mendatang, di Palangkaraya.

Dua pesawat tempur super canggih itu adalah Hercules C-130 Skadron Udara 32, serta lima pesawat Super Tucano EMB 314, dari Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abdurrachman Saleh.

Menurut Komandan Wing 2 Lanud Abdurrachman Saleh yang juga berperan sebagai Dansatgasdukpur (Komandan Satuan Tugas Dukungan Tempur) Lanud Abdurrachman Saleh, Kol (Pnb) Fairlyanto, gladi posko Sida 2016 bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel.

“Kemampuan tempur para personil juga harus ditingkatkan. Nanti akan ada pengujian dengan asumsi medan perang yang sesungguhnya,” jelasnya, beberapa menit lalu.

Latihan ini, lanjut dia, selain melibatkan Lanud Abdurrachman Saleh, juga melibatkan Lanud Hasanudin Makassar, Lanud Samsudin Nur Banjarmasin, Lanud Iswahyudi Madiun serta Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalteng.

Sedangkan Alutsista (alat utama sistem pertahanan) yang dilibatkan antara lain pesawat Sukhoi SU 27/30, F 16, T50i, EMB 314 Super Tucano,C-130 Hercules, C 212 Cassa, Boeing 737 dan NAS-332 serta SA-330 Helikopter.