Ini Dia, Bule Lezat Karya Siswi SMAN 10 Malang

0
99
Siswa dan guru pembina. (anja)

MALANGVOICE – Tulang lele ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan kue bolu. Simak dan coba saja Bule (Bolu Lele) karya dua siswi SMAN 10 Malang, Safriska dan Talia.

Bule merupakan inovasi makanan tradisional, bolu, dengan memanfaatkan tulang ikan lele yang dikenal kaya protein. Tulang-tulang lele yang biasanya dibuang, kali ini malah diambil dan digiling, kemudian direbus dan disubtitusikan ke adonan bolu.

“Untuk mengurangi bau amisnya, kami berikan perasan pandan alami,” kata Talia.

Dengan tambahan tulang lele, Bule kini memiliki kandungan protein 4% lebih banyak dari kue bolu biasa.

“Kandungan gizinya sudah kami ukur di Lab. Setelah uji proksimat, diketahui, ada kadar protein air, abu, lemak, dan karbohidrat. Kesimpulan dari uji itu, bolu ini tidak menyebabkan gendut kok,” kata Talia.

Berkat karya orisinil, kreatif dan empiris, dua siswi itu pun meraih peringkat 6 pada Student Food Creativity Competition se-Jawa Timur dan Jawa Tengah, 2015 lalu. Mereka mengaku mempersiapkan semuanya selama 3 bulan, dibimbing Budi Cahyono, guru Sains SMAN 10 Malang.

Ke depan, kedua siswi yang bercita-cita berkuliah di ITB ini ingin menciptakan makanan baru dengan bahan selain lele yang memiliki kalsium tinggi.