Ini Dia Bahaya Buah Nanas Bagi Kehamilan

0
490
Buah Nanas (Anja)

MALANGVOICE – Tidak semua buah baik untuk disantap, meskipun banyak mengandung vitamin sehat untuk ibu hamil. Nanas misalnya, merupakan salah satu buah yang hampir tidak pernah dikonsumsi ibu hamil. Nanas memang dipercaya bisa mengugurkan kandungan, terutama nanas muda.

Menurut Bd Umi Rahmawati SKeb, ibu hamil tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi nanas atau jus nanas selama awal kehamilan. Karena buah nanas mengandung zat bromelian yang bisa melemahkan leher rahim sehingga menyebabkan kontraksi.

“Banyak perempuan mengeluh bahwa nanas menyebabkan kelahiran prematur sedangkan ada juga beberapa perempuan yang tidak melahirkan prematur setelah makan nanas. Mungkin saja perempuan yang lahir prematur itu mengonsumsi nanas segar sehingga zat bromelian utuh. Jika nanas dalam kaleng atau dijus, bromelian akan hancur,” papar Umi ketika dihubungi MVoice.

Ia menambahkan, enzim protease bromelain mirip dengan enzim papain dalam pepaya. Bromelian bisa melemahkan leher rahim dan dapat menyebabkan keguguran. Nanas terutama nanas hijau dan yang masih muda dapat menginduksi aktivitas rahim dan membahayakan kehamilan.

Jadi, perempuan harus menghindari makan buah tropis ini terutama dalam bulan-bulan awal kehamilan.

“Jika umur kehamilan ada di trimester ketiga dan sedang dalam memersiapkan persalinan, diperbolehkan makan nanas. Tapi atas saran dokter ya. Itu untuk memperlancar kelahiran saja,” tutupnya.