Ini Dia 8 Ciri Orang Berumur Panjang

0
73
Di Okinawa adalah lebih dari 450 orang yang hidup dengan usia diatas 100 tahun. (nationalgeographic.com)

MALANGVOICE – Penduduk Okinawa adalah salah satu kelompok masyarakat yang memiliki tingkat kesehatan yang baik versi WHO. Pada usia 75 tahun, mereka masih sanggup berjalan kaki jarak jauh dan berlayar mencari ikan. Setelah ditelusuri, rahasianya adalah pola hidup sehari-hari.

Berikut ciri-ciri orang berumur panjang:

1. Berperut Rata
National Institute on Aging, wanita berperut besar, berisiko meninggal dunia lebih cepat dibandingkan dengan yang berperut rata. Ini karena lemak yang tertumpuk di bagian tengah menganggu fungsi organ lain.

Lingkar pinggang wanita yang dianjurkan adalah 80 cm. Jika ternyata lebih dari angka itu, rutinlah berolahraga. Misalnya ikut program latihan beban sebanyak 2-3 kali seminggu, masing-masing selama 20 menit untuk memperbaiki metabolisme.

2. Komposisi Tubuhnya Ideal
Tak banyak orang menyangka bahwa berat badan di masa remaja, ternyata bisa mempengaruhi kesehatan di usia dewasa.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Pediatrics menyebutkan, remaja yang mengalami obesitas, berisiko tinggi mengidap diabetes tipe-2 saat usianya sudah dewasa dan resiko serangan jantung.

3. Suka Makan Sayur dan Buah Segar
Menurut American Dietetic Association, konsumsi serat yang dianjurkan setiap hari adalah 25-35 gram atau setara dengan lima porsi perhari. Pilihlah serat yang mengandung antioksidan seperti buah beri dan sayuran hijau.

4. Lebih Memilih Teh dan Air Putih
Lagi-lagi bahaya minuman bersoda! Minum satu kaleng atau lebih minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan metabolisme.
Alternatif sehat: Minum teh tanpa gula, dua cangkir sehari.

5. Tak Suka Junk food
Mengonsumsi daging merah dengan porsi yang tepat yaitu 500 gr daging merah dalam seminggu. Apalagi kalau daging yang kita makan berupa processed meat (misalnya daging asap atau sosis) seperti yang biasa digunakan untuk membuat burger. Daging olahan diduga mengandung bahan karsinogenik pemicu kanker.

6. Olahraga 20 Menit Sehari
Fisik yang kuat tercipta dari latihan yang rutin. Hasil penelitian University of California menyebutkan bahwa wanita yang berprofesi sebagai pelari atau berolahraga lari selama lima jam dalam seminggu, fisiknya lebih sehat jika dibandingkan dengan wanita yang bukan pelari.

Anda juga dapat melakukan jenis olahraga kardio lain seperti aerobik atau jalan cepat.

7. Rajin Membereskan Rumah
Hasil penelitian di Jepang terhadap 302 relawan usia senior berusia 70-80 tahun menyimpulkan bahwa kegiatan bersih-bersih rumah selama satu jam mampu membakar 285 kalori. Dengan begitu risiko kematian bisa turun 30 persen.

8. Hobi Berkebun
Orang yang suka berkebun memiliki pandangan hidup yang lebih positif dibanding yang lainnya sehingga hidup pun lebih bahagia. Menurut American Psychologist, kita bisa menemukan makna kehidupan dari aktivitas berkebu seperti bersabar, ketekunan, dan kepedulian.

sumber: meetdoctor.com
readerdigest.com