Ini Dia 5 Kebiasaan yang Bikin Hidup Boros!

0
16
Hidup jangan boros. (dmn3.com)

MALANGVOICE – Menghabiskan uang memang mudah, apalagi jika punya kartu kredit, hobi belanja online, dan suka nongkrong di kafe.

Tidak ada yang bisa kita tertawakan dari bangkrut atau jatuh miskin. Karenanya, sebaiknya jauhi kebiasaan buruk mengatur keuangan di bawah ini:

1. Pengeluaran Berlebih
80 persen orang membeli sesuatu tapi setelahnya menyesal telah membeli barang tersebut. Hasil ini didukung oleh hasil survei National Endowment For Financial Education.

Memang kita hidup di kelilingi oleh rasa ingin yang besar. Tapi bukan berarti karena kita inginkan sesuatu barang, kita tidak juga harus membeli barang tersebut. Ada beberapa strategi:
– Jangan pergi ke-mall jika memang tidak memerlukan sesuatu untuk dibeli
– Jika ingin belanja, jangan pergi ketika perut sedang lapar atau stress.
– Tulislah daftar belanja dan disiplin mematuhinya
-Ketika berbelanja, jauhi toko atau tempat display produk yang kira-kira membuat kita malah tertarik mampir.

2. Belanja Pakai Kartu Debit/Kredit
Salah satu ancaman keuangan paling bahaya adalah belanja menggunakan kartu kredit. Berbelanja dengan kartu kredit terasa lebih enteng karena kita memang tidak merasakan
bagaimana ‘sakit’nya mengeluarkan uang cash dari dompet langsung.

3. Meremehkan Harga Murah
Menghabiskan uang Rp 200 ribu sekali belanja, memang tidak menganggu keuangan di bank. Tapi, menghabiskan Rp 200 ribu setiap bulan dengan hal tak penting adalah tiket menuju gerbang kemiskinan.

4. Tidak Menabung untuk Kondisi Darurat
Dengan kondisi perekonomian saat ini, belum tentu bisnis bisa berjalan lancar tahun depan. Jangan berasumsi jika kondisi bisnis kita di masa depan akan sama seperti sekarang.

5. Mengutamakan Kesenangan
Kita tak akan bisa menabung jika uang yang digunakan untuk mendahulukan belanja membeli pakaian, nge-mall, dan hal konsumtif lainnya.

Sebaiknya, tabung sebagian diawal bulan, lalu gunakan sisanya untuk kebutuhan. Jika masih sisa, gunakan sisa tersebut untuk kepentingan hiburan kita jika memang sangat ingin berbelanja di malll atau nongkrong di kafe.

sumber: safebee.com