Ini Dia, 5 Gunung untuk Pendaki Pemula

0
38
Kegiatan uklam-uklam di pantai (istimewa)

MALANGVOICE – Bagi Anda yang ingin memulai hobi mendaki gunung, perlu diingat, setiap gunung memiliki medan dan tantangan berbeda. Khusus pemula, berikut beberapa yang direkomendasi Alamsyah Awaludin H, pendiri Komunitas Uklam-Uklam, bagi pendaki pemula. Semuanya dirangkum oleh Mvoice sebagai berikut:

1.Gunung Panderman (Batu)

Cocok untuk para pendaki yang tidak mempunyai banyak waktu, karena bisa di capai 1 hari untuk sampai ke puncak sekaligus turun. Untuk pendakian minimal 2-3 jam untuk sampai ke puncak. Untuk sampai ke basecamp Panderman Anda membutuhkan waktu 30 sampai 1 jam dari arah kota Malang.

2.Gunung Penanggungan (Mojokerto)

Ketinggian mencapai 1653 Mdpl terletak di kabupaten Mojokerto dan berada pada satu kluster dengan gunung Arjuno dan Welirang. Track untuk menuju Gunung Penanggungan tidaklah sulit, jalu sudah tersedia dan kemungkinan kecil untuk tersesat. Dari Gunung Penanggungan, dapat dilihat panorama gunung putri tidur.

3. Gunung Ijen (Banyuwangi)

Disamping pemandangan yang bagus, track untuk menuju ke Gunung Ijen relatif gampang daripada gunung-gunung yang lain, dan jalannya sudah terarah dengan sebagaimana mestinya.

4. Gunung Bromo (Probolinggo)

Untuk dapat sampai di lokasi wisata Kawah Gunung Bromo, dari tempat parkir Jeep para pengunjung dapat menggunakan jasa sewa kuda atau berjalan kaki kurang lebih sekitar 1,5 km untuk sampai di anak tangga yang jumlahnya sekitar 250.

5. Gunung Nglanggeran

Gunung dengan ketinggian 700 mdpl dan medan yang landai. Butuh sekitar 1 jam untuk sampai di puncak. Meski di beberapa titik ada medan yang berupa batu karang, sudah tersedia tangga-tangga kayu dan tali untuk memudahkan. Di sekitar puncak, ada camping ground untuk menikmati asyiknya tidur beratapkan langit bertabur bintang.