Ini Dia, 4 Prototype Chem-E-Car Karya Mahasiswa UB

0
252
Mesin Mobil (anja)

MALANGVOICE – Gabungan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia, Teknik Mesin dan Teknik Elektro Universitas Brawijaya, yang dibimbing Ir Bambang Poerwandi MS, berhasil menciptakan prototype mesin mobil bertenaga kimia.

Teknologi mesin mobil yang diberi nama Chemical Engineering Car (Chem-E-Car) itu terdiri dari 4 prototype, yakni Crionyc 3, Exotric VI, Exotric E-Cooler, dan Bharatawijaya.

Simulasi (anja)
Simulasi (anja)

Bambang memaparkan, Crionyc 3, mobil berbahan akrilik, memiliki komponen utama DC. 2 Vessel untuk reaksi kimia, dan satu vessel untuk perangkap udara. Lima termoelektrik ditempatkan diantara reaksi vessel dan lembaran aluminium.

“Tim menggunakan reaksi Oksalat, Kalium Permanganat, dan Asam Sulfat untuk mekanisme henti yang dibaca oleh sensor khusus,” katanya saat ditemui di GOR Pertamina UB beberapa menit lalu.

Keunikan mobil Crionyc 3 adalah ramah lingkungan dan hanya menghasilkan limbah berupa garam. Listrik uang dibutuhkan juga kecil.

Sedang Exotric VI memanfaatkan reaktor sel volta yang menggunakan tembaga dan dan seng sebagai katoda dan anoda.

Mesin yang ketiga, Exotric E-Cooler, dirancang memanfaatkan reaksi panas yang dikonversi menjadi listrik oleh termoelektrik.

“Semakin tinggi perubahan suhu, maka makin tinggi tegangan yang dihasilkan,” kata Bambang.

Berbeda, Bharatawijaya menggunakan sel volta dari seng dan tembaga sebagai elektroda.

“Semua reagen bersifat non-reaktif dan disesuaikan pada konsentrasi encer, sehingga prototype aman dioperasikan secara berkelanjutan,” kata dia.