Ini Cara Agar Rambut Tak Rusak, Meski Sering Pakai Catok dan Hairdryer

0
314
Mengeringkan rambut dengan hairdryer harus memperhatikan kesehatan rambut (anja)

MALANGVOICE – Mengeringkan rambut memakai hairdryer memang memiliki banyak keuntungan. Selain rambut kering lebih cepat, kita juga bisa menata rambut agar terlihat rapi sesuai keinginan.

Namun, panas yang dihasilkan oleh hairdryer dapat membuat rambut rusak. Tidak hanya hairdryer, alat styling rambut lainnya seperti catokan dan alat pengeriting rambut juga memiliki dampak merusak lapisan rambut.

Pemilik salon Three Beauty di Jalan Saxophone, Lowokwaru, Dewi Sekar, menyarankan untuk membeli alat hairstyling yang bagus. Alat itu sebaiknya memiliki fitur pengatur panas.

“Karena untuk rambut tipis dan halus digunakan temperatur rendah. Dan untuk rambut kasar cenderung memakai temperatur tinggi. Bahkan jarang sekali ada yang memakai temperatur ekstrem,” paparnya saat dihubungi MVoice.

Selain itu, memakai alat itu sebaiknya tidak terlalu dekat dan dapat digerakkan dengan cepat agar rambut tidak terpapar panas terlalu lama.

“Sebaiknya gunakan hairdryer ketika rambut sudah setengah kering saja. Kalau masih basah banget mending dikeringkan dulu pakai handuk ya,” lanjutnya.

Selain cara di atas, disarankan melakukan perawatan rambut seperti rutin memakai conditioner, masker rambut, dan creambath.

“Rambut juga perlu dinutrisi dari dalam,” tukasnya.