Ingin Tas Tak Cepat Rusak, Ini Dia Cara Merawatnya!

0
47
Rawat tas kulit (istimewa)
Rawat tas kulit (istimewa)

MALANGVOICE – Punya banyak koleksi tas tentu sangat menyenangkan. Tapi terlalu lama mendiamkan di lemari malah akan membuat warna tas tidak secerah ketika pertama kali membeli.

Berikut ini beberapa cara merawat tas, agar tetap awet, seperti dituturkan Christin, pemilik salah satu stan tas di Malang Town Square, kepada MVoice:

  1. Setiap kali selesai menggunakan tas, pastikan semua isi tas sudah dikosongkan terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam lemari.
  2. Masukkan kertas roti atau tissue paper yang sudah dipadatkan (diremas jadi bola) untuk menjaga bentuk tas tetap tidak berubah ketika disimpan. Jangan menggunakan kertas koran ataupun jenis kertas lainnya karena dapat melunturi material tas.
  3. Saat tas akan disimpan, sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan dust cover atau sarung yang biasanya diberikan saat anda membeli tas tersebut. Usahakan untuk membungkusnya dengan cover atau sarung yang original, namun kalau hilang atau memang tidak ada, bisa menggunakan sarung dari bahan katun atau fanel yang tidak luntur. Untuk tas dengan bahan keras seperti jenis hardcase dan minaudiere, sebaiknya disimpan kembali ke dalam kotaknya.
  4. Pisahkan tas kulit dengan tas berbahan plastik (sintetis). Tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit yang menyebabkan tas kulit bernoda seperti jamur.
  5. Tas kulit perlu perawatan khusus karena rentan terhadap sobekan, gesekan, dan kerutan. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari agar permukaan kulit tidak pecah-pecah atau retak.