Ingin Motret Hitam Putih Dramatis, Ini Tipsnya!

0
162
Fotografi

MALANGVOICE – Menghasilkan foto warna warni memang indah, namun karya foto monokrom hitam putih juga tak kalah menarik. Bahkan bagi sebagian fotografer, menghasilkan foto hitam putih yang ciamik adalah kepuasan tersendiri.

Tantangan fotografi hitam putih berbeda dengan foto berwarna. Karena tidak bisa menonjolkan permainan warna, maka fokus yang harus ditemukan dari sebuah objek foto pertama kali adalah kontras cahaya gelap dan terang.

Fotografi

Selain itu, penonjolan bisa dicari dalam bentuk pola seperti garis, atau pengulangan untuk menghasilkan komposisi yang pas dalam foto hitam putih.

“Eksplorasi tekstur sangat penting jika ingin menciptakan foto hitam putih yang dramatis. Pola atau garis bisa menjadi tambahan dalam membentuk sebuah komposisi yang baik,” terang salah satu penggiat fotografi Malang, Danny Agus S.

Ia melanjutkan, foto hitam putih biasanya banyak diaplikasikan pada obyek manusia (potrait). Padahal, landscape pun bisa tampil beda dengan tone hitam putih.

Jika ingin menghasilkan efek hitam putih pada objek pemandangan atau landscape, Danny menyarankan untuk memaksimalkan side lighting atau pencahayaan samping. Pada pencahayaan alami dari sinar matahari, pemotretan paling pas dilakukan saat pagi atau sore hari.

“Fotografi hitam putih tidak selalu tentang portrait, dalam banyak kondisi pencahayaan dan pola yang terbentuk secara alami dapat menciptakan foto hitam putih landscape yang dramatis,” kata pria yang aktif di komunitas Instanusantara itu.

Ada beberapa tips tambahan terkait teknis dalam pengambilan foto hitam putih. Pemakaian ISO rendah seperti 100 atau 200 akan menghasilkan gambar jernih. Seringkali, fotografer menambahkan efek grain atau atau bintik dengan menaikkan ISO. Resikonya, gambar menjadi tidak tajam.

“Penambahan grain sebaiknya saat proses editing saja,” ucapnya.

Tips lain yang bisa diterapkan adalah memakai bukaan (aperture) sempit untuk menonjolkan background atau foreground. Teknik ini sangat pas untuk menghasilkan foto hitam putih potrait yang dramatis.