Ingin Ikut Lestarikan Lingkungan, Lakukan Kebiasaan Ini!

0
10
Tolak kantong plastik (istimewa)

MALANGVOICE – Isu pemanasan global menjadi tanggung jawab semua pihak. Karenanya, masyarakat sebaiknya merubah gaya hidup dengan menjaga dan melestarikan lingkungan.

Hal itu dapat kita realisasikan dengan merubah kebiasaan kecil sehari-hari. Berikut beberapa kegiatan sederhana ramah lingkungan yang disarankan komunitas Earth Hour Kota Batu yang dihimpun MVoice.

1. Bawa Air Minum Sendiri

Air minum merupakan kebutuhan pokok. Namun, kebanyakan orang memilih beli minuman kemasan botol plastik, padahal plastik hanya digunakan sekali saja dan langsung dibuang. Tentu kebiasaan ini menjadi penyumbang terbesar sampah plastik. Ingat, plastik bisa terurai di tanah setelah 150 tahun. Karenanya, bawalah botol minuman sendiri dari rumah yang sifatnya bisa dipakai berulang-ulang.

2. Tolak Kantong Plastik

Jika belanja di supermarket atau mall, sebisa mungkin tolaklah kantong plastik jika Anda bisa membawa barang belanjaan Anda di tas. Jika perlu, belilah tas khusus belanja yang bisa digunakan berulang-ulang.

3. Menggunakan Transportasi Umum

Selain hemat bahan bakar, naik transportasi umum bisa mengurangi kemacetan dan ensejahterakan supir angkutan umum.

5. Kurangi Penggunaan Kertas dan Tissu

Karena keduanya dibuat dari kayu. Untuk pengganti tissu sebaiknya gunakan lap kain atau sarung tangan. Jika kotor tinggal dicuci. Khusus yang sedang skripsi sebaiknya kurangi mencetak lembaran revisi skripsi terlalu tebal. Sebaliknya, cetaklah secara bolak balik.

6.Hemat Listrik

Kurangi penggunaan handphone jika tak terlalu mendesak. Ganti walpaper layar dekstop dan smartphone dengan warna gelap agar hemat daya.