Ingin Hamil, Jangan Lakukan Kesalahan Ini!

0
20
wanita hamil (qwikgist)

MALANGVOICE – Ternyata, mencoba hamil tidaklah mudah. Buktinya, banyak pasangan yang sudah bertahun-tahun mencoba, belum juga dikaruniai momongan.

Namun, ada Glade B. Curtis MD., dokter sekaligus penulis buku Your Pregnancy, Week by Week, yang memberitahukan kesalahan yang mungkin kita lakukan saat melakukan konsepsi.

1. Panik dan stres
Panik memanglah wajar, apalagi jika sudah bertahun-tahun mencoba tapi tetap gagal. Tapi, stres dan panik bisa menjadi faktor utama kegagalan proses pembuahan. Pasalnya, hormon kortisol yang keluar saat seseorang stres memiliki efek negatif terhadp ovulasi dan kesuburan.

“Rileks dan biarkan itu terjadi dengan sendirinya,” kata Dr. Curtis. Bahkan, dia menganjurkan untuk Anda selalu ingat bahwa kehamilan adalah keajaiban yang terjadi di mana-mana. Hanya saja, giliran Anda belum tiba.

2. Terlalu banyak atau sedikit melakukannya

Dr. Curtis merekomendasikan Anda untuk melakukan hubungan seksual setiap hari atau setiap dua hari sekali selama masa subur.

Terlalu banyak melakukan hubungan intim akan menguras sperma terbaik pasangan Anda. Terlalu sedikit melakukannya, mungkin Anda akan kehilangan momen emas di mana seharusnya pembuahan terjadi.

3. Menyalahkan diri sendiri

Ketika tak kunjung hamil, wanita sering menyalahkan diri sendiri karena merasa dirinya tak subur. Faktanya, menurut Dr. Curtis, 40 persen kasus infertilitas terjadi pada pihak pria, 40 persen pada wanita dan sisanya karena kombinasi kedua pasangan. Jadi, daripada stress, sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter.

4. Salah Perhitungan

Tidak paham cara menghitung masa subur adalah kesalahan paling populer para pasangan. Pria juga wajib tahu masa subur pasangannya. Bagi kebanyakan wanita, ovulasi terjadi di pertengahan siklus (siklus 28-32 hari).

“Atau 14 hari sebelum awal periode menstruasi. Jadi misalnya siklus menstruasi Anda adalah 24 hari, ovulasi terjadi kira-kira di hari ke-10 siklus bulanan. Perhitungan siklus bulanan dihitung dari hari pertama menstruasi bukan sebelum atau sesudahnya,” jelas Dr. Curtis.

5. Langsung ke Kamar Mandi

Ada yang berkata, bahwa wanita yang sedang mencoba hamil, tidak boleh langsung lari ke kamar mandi setelah berhubungan seks.

Dr. Curtis membenarkan hal ini. Berbaringlah dulu selama 20-30 menit sambil mengganjal pinggul dengan bantal. Hal ini berguna supaya sperma tidak langsung jatuh ke lantai toilet, karena Anda terburu-buru membersihkan diri.

6. Mengabaikan Keluhan Kesehatan

Jangan menyepelakan penyakit yang Anda derita. Meskipun sudah mendapat pengobatan, kehamilan juga dipengaruhi kesehatan Anda. Misal, pasien diabetes yang hamil seharusnya dimonitor lebih ketat oleh dokter agar tidak terjadi komplikasi yang membahayakan ibu dan janin di dalam kandungannya.

Ingat, tidak merasa sakit belum tentu Anda sehat. Pastikan dokter memeriksa Anda dan memberikan solusi yang terbaik

sumber: Parents