Ingin Bikin Cafe Sendiri, Ini Kiat Suksesnya…

0
15
Ayu dan cafenya

MALANGVOICE – Ingin membuka cafe sendiri sebagai bisnis utama memang terkesan sulit. Namun, di balik itu ada hal yang harus Anda ketahui agar bisa benar-benar sukses membuka dan menjalankan bisnis cafe impian Anda. Ini dia hal yang wajib dimiliki dan lakukan untuk bisa mendirikan cafe, menurut Ayu Ratna, owner cafe Milkiyaki di Kota Batu.

1.Berani

Kalau masih ada perasaan takut gagal, takut cafe tidak laku, takut capek, takut tidak bisa ini itu sebaiknya urungkan saja niat Anda mendirikan cafe. Keberanian adalah syarat wajib yang harus Anda miliki setelah Anda memiliki ide dan motivasi.

2. Action

Sudah punya keinginan dan keberanian? Jangan diam saja. Lakukan tindakan segera. Mungkin langkah pertama Anda adalah mencoba membicarakannya dengan orang-orang terdekat seperti orang tua, atau saudara. Carilah masukan dan pendapat. Tapi bukan berarti sampai disini usaha berjalan mulus. Bisa saja ada pihak yang tidak setuju. Ingat, selama keinginan Anda mendirikan cafe didasari oleh niat positif, just do it!

3. Konsep dan Rencana Matang

Rencanakan semuanya, mulai dari konsep cafe, promosi, menu, lokasi, keuangan, jumlah pegawai, hingga alur administrasi. Semuanya harus mendetail. Terkesan merepotkan, tapi percayalah bahwa rencana matang pasti akan memudahkan Anda nantinya. Sekaligus mencegah hal-hal yang merugikan.

4. Lakukan Riset

Carilah contoh-contoh konsep dan desain interior, perabotan cafe di internet atau di lingkungan Anda untuk dijadikan inspirasi. Tak harus orisinil, asal Anda bisa memadu padankan hal-hal menarik sehingga cafe Anda punya ciri khas tersendiri. Selain itu, mulailah bereksperimen dengan resep-resep makanan menarik.