Ingin Batu Kembali Segar, Ayu Juara Menulis Surat untuk Wali Kota

0
67
Ayu Martha Kurniawati didampingi Wakasis SMAN 2 Batu, Budi Santoso. (fathul)

MALANGVOICE – Ayu Martha Kurniawati (17), berhasil menjadi pemenang lomba menulis surat untuk Wali Kota Batu yang diadakan Kantor Pos. Siswa kelas XII SMAN 2 Batu itu mendapat trophi dan uang pembinaan.

Saat ditemui di sekolahnya, Ayu sedang belajar di kelas bersama teman-temannya. Ia menceritakan, isi suratnya merupakan ungkapan kegelisahannya selama ini. “Kota Batu sudah berubah,” katanya singkat.

Putri pasangan Imam Suwandi dan Nur Widiyanti itu merasakan udara kota yang ia cintai sudah tak segar lagi. Padahal pada masa kecilnya, suasana pegunungan masih terasa, sejuk, segar dan nyaman.

“Isi surat saya sederhana, meminta wali kota supaya mengembalikan keaslian alam Kota Batu. Yang dulunya sejuk, saat ini panas, agar diusahakan sejuk lagi, seperti suasana pegunungan,” pinta gadis cantik itu.

Gadis yang tinggal di Girimoyo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, ini juga menuliskan soal penggunaan lahan kosong agar dipakai lahan penghijauan.

“Kalau dilihat kan kayak gersang tanah-tanahnya, apalagi saat ini kemarau. Jadi, harusnya tanami pepohonan, supaya jadi sejuk lagi,” tandas penghobi menulis ini.

Harapannya, agar wali kota benar-benar membaca surat yang ia kirimkan, lalu merealisasikan penghijauan di Kota Batu.

Meski Ayu dikenal pendiam, namun ia sering mewakili SMAN 2 dalam olimpiade di tingkat Kota Batu. Tahun lalu ia berhasil menorehkan prestasi menjuarai olimpiade kimia tingkat Kota Batu.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan (Wakasis) SMAN 2 Batu, Budi Santoso, menilai, Ayu merupakan salah satu siswi yang cerdas dan cepat tanggap. Saat lomba, Budi hanya memberi contoh, tapi Ayu bisa menerjemahkannya dengan amat baik.

“Bahkan kalau di kelas, Ayu kalau tidak masuk pelajaran lalu ada ulangan, dia tetap bisa menjawab soal-soalnya. Saya mewakili pihak sekolah mengapresiasi capaian Ayu selama ini,” tandas Budi Santoso.-