Ingat, Kebiasan Buruk Ini Bisa Merusak Baterai Ponselmu!

0
489
Powerbank tidak dianjurkan bila tidak darurat (anja)

MALANGVOICE – Bisa jadi anda tidak sadar memiliki kebiasaan buruk yang bisa merusak batere telepon seluler (ponsel) saat mengisi daya (mencharge). Apa itu?

Menurut Adi Candra, teknisi service smartphone Comstar di Jalan Terusan Borobudur Malang, perangkat baterai portabel (powerbank) sering kali menjadi penyelamat saat baterai smartphone ‘sekarat’.

“Namun, banyak pengguna yang sering kali mengisi daya lewat powerbank padahal enggak darurat. Kalau memungkinkan pakai charger, pake saja charger, mbak,” kata Adi saat dihubungi MVoice.

Keseringan menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai smartphone berkurang. Tak seperti charger via listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai spesifikasi smartphone. Ditambah lagi dengan banyak beredarnya powerbank dengan kualitas rendah.

Kebiasaan buruk lain adalah men-charge smartphone menggunakan laptop atau PC melalui kabel data.

“Seperti powerbank, arus listrik dari komputer tidak dirancang untuk mengisi daya smartphone sesuai standar,” tandasnya.

Adi menyarankan, mulai sekarang, gunakan powerbank dan komputer untuk menambah daya batere jika benar-benar dalam keadaan darurat.

Selebihnya, gunakan juga charger yang orisinil keluaran pabrik dan tidak dianjurkan mencharge smartphone semalaman.