Indekita.com, Ketika Inovator dan Donatur Bertemu

0
99
Tim Indekita.com (anja)
Tim Indekita.com (anja)

MALANGVOICE – Dalam menciptakan perubahan bagi ekonomi Indonesia agar mampu bersaing di Pasar Bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), generasi muda berlomba-lomba membicarakan ide dan mengagas inovasi baru untuk menciptakan peluang kerja yang baru.

Sayangnya, banyak dari mereka yang putus ditengah usaha karena terkendala modal atau dana. Itulah kenapa enam mahasiswa dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) menghadirkan indekita.com. (Inovasi Ide Kita). Sebuah website perantara antara sang inovator usaha muda dan para donatur.

Dibuat oleh Herfian H, Karunia E, Angga I, Merlin Dyah W, Ulfa K dan Destria Y, Indekita menyediakan halaman website sosial untuk menulis konsep, ide, menuangkan gagasan, berinteraksi dengan banyak inovator lain untuk saling berbagi saran dan kritik dan berujung mewujudkan sebuah usaha yang nyata.

Jenis usaha yang tergabung di Indekita bervariasi mulai dari usaha kuliner, wirausaha kreatif, jasa, teknologi, dan sosial.

Para donatur juga diajak mewujudkan mimpi para inovator dalam membangun ekonomi Indonesia.

“Donasi akan masuk pada sistem pengumpulan dana dari pemilik ide namun belum diterima sebelum ide tersebut mencapai batas akhir penggalangan dana yang ditetapkan,” kata Herfian kepada MVoice.

Tidak sembarangan, si inovator harus melaporkan penggunaan dana donasi yang diberikan sehingga donatur bisa melihat rincian penggunaan dana. Publikasi foto, video bukti bahwa ide telah dilaksanakan juga bisa ditampilkan di Indekita.com

Donasi minimal adalah Rp 20 ribu. Bahkan para donatur aktif berkesempatan menerima penghargaan dan marchandise dari Indekita.com

Sampai saat ini, ada 8.973 orang bergabunf dan 49 konsep telah terdanai. Artinya sudah lebih dari 700 juta dana terkumpul.

Beberapa inovator yang menggunakan Indekita.com kebanyakan adalah mahasiswa. Usaha-usaha yang berhasil terdanai seperti usaha shoes laundry, fluffy.id, REV Tech, Cak kost, dan Sun Vannamei

“REV Tech, teknologi pengamanan motor anti maling akhirnya terdanai dan bisa terwujud. Mereka menggunakan Indekita.com untuk mencari donatur,” tutupnya.