Indah… Padahal Bunga Anggrek Ini Terbuat dari Botol Bekas Air Mineral

0
1617

MALANGVOICE – Siapa sangka botol bekas air mineral bisa disulap menjadi bunga anggrek indah dan tampak hidup. Adalah Tatik Simanjuntak, seorang pelukis kaca yang mampu menyulap botol itu menjadi benda yang memilki karya seni yang tinggi.

Ditemui MVoice di galerinya di kawasan Taman Rekreasi Kota (Tarekot), Tatik menjelaskan, karyanya itu dinamakan ‘arasy’, suatu yang memiliki kedudukan.

Anggrek3

“Botol bekas ini yang tempat awalnya di sampah, ternyata bisa terangkat ke tempat yang lebih tinggi,” kata Tatik.

Ide awal membuat bunga dari plastik ini datang saat wanita yang juga berprofesi guru ini melihat muridnya yang selalu mengumpulkan botol bekas.

“Kan sayang botol satu kilogram harganya hanya Rp 2.500 saja, lalu saya ada ide bagaimana membuatnya indah dan memiliki nilai,” tuturnya.

Tatik juga menularkan ilmu dan kreatifitasnya merangkai botol menjadi bunga ini kepada para siswa SD dan juga masyarakat lainnya. “Kebetulan saya juga instruktur di Dinas dan juga perusahaan,” imbuhnya.

Untuk membuat satu pot bunga dari plastik maksimal dibutuhkan waktu satu hari. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan bahan dan membentuk pola. Setelah itu, botol plastik dipanaskan dan dibentuk sesuai gambar.

“Mewarnai bisa menggunakan cat minyak, atau bisa pakai kutex,” timpalnya.

Anggrek2

Anggrek1

Untuk tangkai bunga, Tatik menggunakan tangkai asli yang diambil dari bekas pohon bahkan juga membelinya dari kawasan tertentu. “Untuk satu pot harganya macam-macam kita hitungnya per tangkai Rp 5 ribu jadi satu pot bisa Rp 75 ribu,” tandasnya.