Ikut Matta Fair Malaysia, Jatim Park Tarik Agen Travel Internasional

0
128
Titik S Aryanto
Titik S Aryanto (fathul)

MALANGVOICE – Jawa Timur Park Group rupanya sudah menarik perhatian Kementrian Pariwisata Indonesia. Buktinya, ia menjadi satu-satunya obyek wisata yang diajak kementrian untuk melakukan promosi dalam event travel Matta Fair di Malaysia.

Marketing and Public Relation Manager Jawa Timur Park Group, Titik S Ariyanto, mengatakan, keikutsertaan Jatim Park dalam event travel paling bergengsi di Malaysia itu bermula saat Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Museum Angkut tahun lalu.

Sehingga pihaknya mendapat banyak kesempatan melakukan perbincangan hingga membuat menteri kagum. “Kami akhirnya dipertemukan pula dengan Asdep Promosi Pariwisata di ASEAN, dan presentasi kami membuat mereka kagum,” jelas Titik.

Dari sanalah kemudian tim promosi Jatim Park yang digawangi mantan Manager Operasional Museum Angkut ini mulai diajak ke Malaysia dan Singapura. Di sana mereka bertemu dengan beberapa agen travel yang menyatakan ketertarikannya pada Jatim Park Group.

“Kami diberikan jadwalkan promosi ke Malaysia dua kali dan Singapura juga dua kali. Kami bertemu dalam beberapa agenda, misalnya Travel Mart, Exhibition Matta Fair, dan Exhibition Travel Revolution,” tambah Titik.

Dalam beberapa pertemuan agen travel internasional itu, Titik merasaakan kekaguman mereka. Seperti koleksi alat transportasi Museum Angkut, koleksi monyet terkecil dunia yang dimiliki Batu Secret Zoo, hingga kemampuan mengolah kotoran sapi menjadi biogas di Eco Green Park.

“Masih banyak yang kita miliki dan membuat mereka ingin mengajak wisatawan mereka ke sini. Kebanyakan yang mereka tanyakan tentunya soal savety, khususnya beberapa permainan di sini. Tentu saja kami jamin keamanan itu,” tutur Titik.

Apalagi, lanjutnya, Jatim Park sudah tergabung dalam International Association of Amusement Parks and Attractions (IAAPA) sehingga seluruh permainan dan wahana yang disediakan sudah terstandarisasi.

Matta Fair di Malaysia merupakan langkah penting yang dilakukan Jatim Park untuk menapaki wisata berkelas dunia. Karena di sana merupakan ajang bagi perkumpulan agent travel besar untuk menjual paket wisata dari seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Beberapa negara yang mengikuti agenda Matta Fair ini seperti Malaysia sendiri, Singapura, Jepang, Filipina, Korea, Nepal, Kamboja, hingga Turki. Sementara wisata yang ditawarkan juga bermacam-macam seperti adventure, city break tour, club med tour, independent tour, hingga rail tour.