Ikom UMM Dorong Mahasiswa Buat dan Jual Ide Kreatif ke Klien Nyata

0
79
Jamroji
Jamroji (anja)

MALANGVOICE – Tidak seperti jurusan Ilmu Komunikasi di kampus lain, Ikom UMM memiliki program pengajaran yang berbeda dengan mengajak mahasiswanya berkuliah sekaligus praktek dengan klien/sponsor nyata.

“Selama ini banyak mahasiswa yang punya banyak ide. Tapi mereka kurang bisa menjual ide tersebut. Jangan sampai ide kreatif itu hanya diapresiasi oleh dirinya sendiri. Perlu ada apresiasi orang lain seperti klien atau sponsor yang real,” kata kepala Lab Ikom UMM, Jamroji, kepada MVoice.

Ia melanjutkan, jurusan Ikom UMM selalu mengadakan kuliah perdana dimana praktisi di bidang tertentu diundang untuk menjelaskan bagaimana gambaran kerja perusahaan. Selanjutnya mahasiswa akan diminta melakukan riset dan mencari klien/sponsor.

Mahasiswa harus menyediakan minimal dua konsep produksi sesuai dengan kebutuhan klien. Bisa berupa company profile, web, kemasan produk dan sebagainya. Setelah konsep terpilih, hasil pekerjaan mahasiswa yang telah selesai akan dipreview untuk dinilai langsung oleh klien.

“Tanpa disadari mahasiswa belajar membuka komunikasi, melobi, negosiasi dan memahami apa mau klien. Itulah yg mematangkan mereka di dunia kerja nanti. Karyanya real. Tak jarang perusahaan melanjutkan kontrak dengan mahasiswa bersangkutan,” tutupnya