IBU Pilihan Utama 8 Mahasiswa Asing Program Darma Siswa

0
189
Mahasiswa Asing Bersama Rektor IBU

MALANGVOICE – IKIP Budi Utomo (IBU) Malang ternyata menjadi pilihan utama 8 mahasiswa asing dari program Darma Siswa RI yang belajar Bahasa Indonesia dan Budaya

Pengelola program Darma Siswa IBU, Rochsun, mengatakan, 8 mahasiswa dari Thailand, Madagaskar, Jepang, Vietnam, Korea Selatan dan Portugal itu, mempercayakan pendidikannya di Kampus IBU.

“Pilihan pertama mereka memang IBU, jadi kami seleksi paspor dan administrasi mereka sebelum belajar di kampus,” kata Rochsun, beberapa menit lalu.

IBU Malang merupakan salah satu dari 54 kampus di Indonesia yang dipilih pemerintah untuk menerima mahasiswa asing.

Bahkan, khusus Malang hanya ada dua kampus swasta yang dipilih pemerintah, masing-masing Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan IBU.

“Kami sudah menerima mahasiswa asing sejak tahun 2008 sampai tahun 2016, setiap tahunnya sekitar 6 sampai 15 mahasiswa, tahun ini kita terima 8 mahasiswa,” tuturnya.

Bagi IBU, program ini selain membantu pemerintah mengenalkan Bahasa Indonesia sebagai ‘second language’ di dunia internasional setelah Bahasa Inggris, juga sebagai sarana promosi kampus di luar negeri.

“Ini positif sekali bagi IBU, karena merupakan promosi, dan ada juga mahasiswa asing yang kuliah reguler di kampus ini bahkan sampai pascasarjana,” tukasnya