Hwiik, Wisudawan Terbaik Unidha Ini Ternyata Bos Usaha Konveksi

0
551
Ratna Ningrum (anja)

MALANGVOICE – Ratna Ningkrum dari Program Studi Pendidikan Sastra Bahasa Indonesia berhasil menjsdi wisudawan terbaik pada wisuda tahun akemik 2015/2016.

Perempuan asal Desa Pucung Songo, Pakis, Kabupaten Malang ini meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 3.94. Bagi Ratna, prestasi ini merupakan buah yang ia petik dari upaya terbaik yang ia lakukan selama ini.

Ternyata selain berkuliah, Ratna juga sibuk menjalankan bisnis konveksi dan sempat mengajar sebagai guru TK. Minatnya di dunia wirausaha tumbuh karena dorongan dosennya. Saat itu, Ratna diberi job mengerjakan sablon payung.

“Ayah ibu saya tidak punya background wirausahawan. Dua tahun lalu, ada dosen saya yang memotivasi saya. Job pertama saya adalah sablon payung,” kata Ratna.

Kemudian, Ratna tertarik mengembangkan usahanya ke bisnis konveksi T-Shirt. Saat itu Ratna yang hanya punya modal Rp 500 ribu terpaksa berutang puluhan juta ke kenalannya yang kebetulan bekerja di toko kain.

“Saat itu ada pesanan kaos KKN. Modalnya puluhan juta. Nah saya modal dari mana gak tahu. Akhirnya ngutang,” katanya sambil terkekeh.

Saat ini Ratna sudah mempekerjakan tiga karyawan dan seorang desain grafis. Ia bersyukur karena kampusnya sangat mensupport dan sering order baju di tokonya, Donbus Online Clothing Store. Omset tokonya juga sudah mencapai jutaan rupiah.

“Selanjutnya, saya ingin mengembangkan bisnis konveksi sampai ke Mall dan sembari terus mengajar. Kendala saya saat ini ada di waktu. Tapi kalau pantang menyerah, berusaha dan berdoa, semua pasti bisa diatasi,” katanya