HUT ke-55 Pramuka, Anton: Generasi Cyber Harus Kreatif

0
79
Upacara HUT ke 55 Pramuka

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, HM Anton, pagi ini memimpin upacara HUT ke-55 Pramuka di Halaman Balai Kota Malang. Ratusan peserta dari berbagai sekolah dan beberapa kepala SKPD hadir dalam upacara tersebut.

Pramuka3Anton dalam kesempatan itu menegaskan, jika Pramuka merupakan gerakan kepemudaan yang harus diperhatikan karena berkaitan dengan pembangunan karakter bangsa. “Pembangunan bangsa ada di tangan pemuda, karena itu sumber daya harus baik,” kata Anton.

Pramuka2

Ia menjelaskan, pada tahun 2045 mendatang atau tepat 100 tahun usia Republik Indonesia, generasi muda harus bisa menjadi pemimpin bangsa. Karena itu semua elemen termasuk Pramuka agar bisa menguatkan karakter dan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul dan baik.

Pramuka4

“Kita juga sangat miris dengan masalah pemuda seperti konsumsi miras, narkoba dan kekerasan yang melibatkan kaum muda. Ini merupakan ancaman yang harus diantisipasi anggota organisasi kepemudaan termasuk Pramuka,” bebernya.

Karenanya, saat ini tidak saja dibutuhkan pendidikan formal, namun perlu pendidikan non formal salah satunya melalui gerakan Pramuka, sehingga para pemuda bisa berkembang dan menunjukkan sikap bela negara.

“Pramuka harus tetap kreatif di tengah generasi cyber yang saat ini identik dengan pemuda,” pungkasnya.