Hujan Abu Bromo Meningkat, PMI Bagikan Masker ke Warga

Relawan PMI Kabupaten Malang membagikan masker ke desa terdampak abu Bromo di Kecamatan Jabung (istimewa)

MALANGVOICE – Intensitas hujan abu Gunung Bromo membuat PMI Kabupaten Malang harus membagikan masker sebanyak 2.000 buah kepada warga Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Sejak 1 Januari lalu, sudah 5.000 masker dibagikan kepada warga di empat desa terdampak di Kecamatan Jabung, meliputi Desa Taji, Selamparejo, Sukolilo dan Kemiri.

Kepala Bidang Pelayanan PMI Kabupaten Malang, Amirul Yasin menjelaskan, pembagian masker dilakukan secara bertahap pada pagi, siang, sore dan malam hari. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi agar abu Bromo tidak berdampak pada kesehatan warga.

Berdasarkan laporan terakhir, pantauan visual Bromo menunjukkan cuaca cerah, angin tenang dan suhu dikisaran 11 hingga 12 derajat celcius. Gunung Bromo terlihat jelas mengeluarkan asap kelabu sedang-tebal dengan tekanan sedang-kuat. Tinggi asap berkisar antara 600 meter dari puncak atau 2929 mdpl ke barat-barat daya.

“Laporan terakhir 30 menit lalu (08.45), terdapat suara gemuruh lemah dari kawah dan sesekali teramati sinar api samar dari kawah Bromo. Di desa terdampak, ketebalan abu mencapai 0,5 cm,” rincinya.