Horee… Tahun Ini Bus Malam Mulai Beroperasi di Batu

0
429
Bambang Kuncoro (fathul)

MALANGVOICE – Tiga trayek bus antar kota antar propinsi (AKAP) bakal beroperasi di Kota Batu, tahun ini, menyusul selesainya perizinan dari Dirjen Perhubungan Darat dan kini tinggal menunggu armada diturunkan.

Tiga trayek bus yang akan beroperasi malam hari itu adalah Batu – Malang – Surabaya – Bandung. Batu – Malang – Surabaya – Probolinggo – Denpasar. Dan Batu – Malang – Denpasar – Mataram.

Kepala Dinas Perhubungan, Bambang Kuncoro, mengatakan, untuk bus Batu – Bandung dan Batu – Mataram sudah resmi mendapat izin. Sedangkan Batu – Denpasar izin masih belum turun namun Dirjen sudah melakukan pengecekan.

“Batas maksimal harus operasi adalah enam bulan sejak izin di turunkan. Makanya kita juga ingin cepat beroperasi, karena izinnya awal tahun,” ungkap Bambang kepada wartawan di Block Office, beberapa menit lalu.

Dikatakan, pengoperasian trayek baru ini menunggu pihak Perusahaan Otobus (PO) Medali Mas untuk bus jurusan Batu-Bandung dan Batu-Denpasar. Karena rencananya, hanya akan ada satu kendaraan yang mengakomodir perjalanan jarak jauh itu.

“Kalau yang Batu – Mataram lewat Denpasar itu PO Gunung Harta. Sekarang yang sudah ada di sini adalah PO Midas yang melayani rute Batu – Denpasar,” imbuh Bambang.

Penambahan trayek baru ini, diharapkan semakin menambah kunjungan wisatawan ke Kota Batu. Karena masyarakat dari luar kota bisa langsung ke Batu menggunakan kendaraan umum.

“Perusahaan bus mau masuk Batu juga karena pasarnya ada, bahkan PO Gunung Harta sudah punya pelanggan yang selalu di jemput di Jalan Bukit Berbunga lalu diantar pakai bus mini ke Jalan Pattimura Malang,” tandas Bambang.