Holy Poly, Ajari Anak Hidup Sehat lewat Game Monopoli

0
235
Latar monopoli Holy Poly
Latar monopoli Holy Poly

MALANGVOICE – Permainan monopoli yang akrab di kalangan anak-anak biasanya dikemas dengan konsep real estate dan membangun hotel. Berbeda dengan monopoli buatan salah satu mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Pipin Nurul Fitriani. Pipin mengemas permainan monopoli lebih menyenangkan.

Holy Poly adalah permainan monopoli bertemakan makanan sehat cocok untuk dikenalkan pada anak usia dini. Holy Poly dikemas warna-warni dan dipenuhi gambar buah, sayur dan aneka fungsinya.

Uang Holy Poly
Uang Holy Poly

“Selama ini minat anak-anak mengkonsumsi makanan sehat buah dan sayur menurun. Mereka itu malas untuk makan. Salah satu sebabnya, mereka tidak dikenalkan sejak dini, fungsi dan manfaatnya juga mereka tidak tahu,” kata Pipin saat dihubungi MVoice.

Pipin menjelaskan, cara permainannya sama seperti permainan monopoly biasa. Hanya saja kartu sewa dan uang monopoly didesain sedemikian rupa menarik. Uang monopoly berisi gambar buah dan sayur beserta aneka manfaatnya.

“Nah waktu bermain, mereka bisa menghafalkan manfaat buah dan sayur sehat itu,” tukasnya.

Holy Poly pernah diujicobakan kepada beberapa siswa di beberapa sekolah dasae di Depok. Pipin mengatakan, antusias siswa cukup tinggi. Beberapa sekolah oun berminat memesan Holy Poly.

“Ternyata antusiasnya cukup positif. Sasaran kami adalah sekolah dan orang tua. Ibu-ibu juga berminat memesan,” kata Pipin lagi.

Pipin (kanan)
Pipin (kanan)

Sampai saat ini Holy Poly telah dijual dari Jawa hingga ke Sulawesi.

“Saya harap permainan ini bisa meningkatkan kesehatan anak-anak Indonesia,” tutupnya