HMI Malang Tuntut Saut Situmorang Minta Maaf Terbuka

0
162
Demo HMI di depan Kantor DPRD Kota Malang
Demo HMI di depan Kantor DPRD Kota Malang

MALANGVOICE – Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Malang, hari ini, menggelar aksi jalan kaki dari depan Gedung DPRD Kota Malang, memprotes pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang.

“Kami menyadari ada alumnus HMI yang korupsi. Tapi dia (Saut) sangat diskriminatif dengan menyebut aksi korupsi terjadi pada institusi HMI, bukan pada personalnya,” kata Fathur Racham, Koordinator aksi.

HMI Cabang Malang, dalam aksi itu, menyampaikan agar Saut meminta maaf secara terbuka lewat media seperti saat dia menyampaikan pernyataan di hadapan media. Tak hanya itu, permintaan maaf itu, lanjut Fathur, juga harus disampaikan dalam rentang lima hari berturut-turut.

Jika tuntutan mereka tak direspons dalam tujuh hari, masa mengancam akan menggelar aksi kembali dan melaporkan Saut ke Polres Malang Kota. Selain di Kota Malang, aksi yang sama, kata dia, juga berlangsung di daerah-daerah lain digelar oleh HMI cabang masing-masing.

“Hanya saja setiap daerah memiliki permintaan berbeda-beda. HMI Cabang Malang hanya menuntut Saut meminta maaf,” ungkapnya.

Pasca menggelar demo di Balai Kota Malang, para demonstran langsung melakukan aksi jalan kaki ke Mapolres Malang Kota guna menyampaikan aspirasinya.