Hj Jajuk Ajak Warga Bahu Membahu Mewujudkan Wisata Alam di Putukrejo

0
68
Istri Bupati Malang (Hj. Jajuk Rendra Kresna), Ketua BUMDesa, Kepala Deasa dan Camat Gondanglegi (istimewa)
Istri Bupati Malang (Hj. Jajuk Rendra Kresna), Ketua BUMDesa, Kepala Deasa dan Camat Gondanglegi (istimewa)

MALANGVOICE – Istri Bupati Malang, Hj Jajuk Rendra Kresna, meninjau lokasi Wisata Sumber Sira, di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi, beberapa hari lalu.

Kedatangan Jajuk merupakan yang pertama kali di tempat wisata itu. Bersama Camat Gondanglegi dan jajarannya, Jajuk meninjau semua area wisata yang luasnya mencapai 1,5 hektare lebih. Ada pula wisata air yang menarik dengan ganggang yang tumbuh di dalam air. Wisata itu bisa dilestarikan dan dimaksimalkan nanti.

Desa Putukrejo mulai terkenal di dunia maya pada 2015. Sejak saat itu banyak sekali anak-anak muda yang memposting kegiatan menyelamnya di Sumber Sira melalui media sosial. Selain terkenal dengan wisatanya, Sumber Sira juga menjadi salah satu sumber yang mensuplai kebutuhan air bersih di delapan desa yang berada di kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bululawang.

Foto Bersama di Lokasi Wisata Sumber Sira
Foto Bersama di Lokasi Wisata Sumber Sira

Dalam rilis yang diterima MVoice, kedatangan Jajuk ke Sumber Sira merupakan salah satu bentuk dukungan program pemerintah Kabupaten Malang untuk melestarikan dan meningkatkan Wisata Desa Putukrejo. Mulai tahun ini pemerintah Kabupaten Malang melaksanakan Bina Wisata yang merupakan program peningkatan nilai pariwisata Kabupaten Malang.

Melalui program tersebut, Jajuk mengupayakan akan memberikan bantuan berupa permainan anak, perbaikan infrastruktur, dan dukungan pelestarian Wisata Sumber Sira. Perbaikan infrastruktur yang dimaksud adalah perbaikan akses jalan menuju tempat wisata yang masih  berbatu dan berlumpur.

Kepala Desa Putukrejo, A Toha, juga ikut menjelaskan beberapa perencanaan program peningkatan Wisata Sumber Sira kedepannya.  Toha juga menyampaikan terima kasihnya kepada Jajuk karena supportnya yang besar terhadap peningkatan Wisata Sumber Sira.

Jajuk bahkan mengaku sangat betah di Sumber Sira dan menikmati suasana alam yang sangat asri, indah dan nyaman.

“Demi melancarkan program wisata desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Putukrejo sudah merencanakan program untuk peningkatan di berbagai aspek, terutama aspek pelayanan pariwisata, penyediaan sarana air bersih, usaha peningkatan ekonomi kemasyarakat serta melestarikan lingkungan,” ujar Ketua BUMDesa, Abdur Rosyid Asadullah di tempat yang sama.

Wisata alam tidak akan lestari jika masyarakat sekitar tidak memperdulikan kebersihan lingkungan mereka. Untuk ikut  mensukseskan program tersebut, salah satu program pendukung yang sudah berjalan di Desa Putukrejo ini adalah Bank Sampah yang telah beroperasional sejak bulan Februari 2016.