Hipertensi Dominasi Penyakit Lansia di Giripurno

0
64
Warga diperiksa oleh tim kesehatan. (fathul)

MALANGVOICE – Hipertensi atau darah tinggi menjadi penyakit mayoritas warga yang mengikuti pengobatan massal Dinas Kesehatan Kota Batu di Dusun Krajan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, hari ini.

Selain hipertensi, ada pula sakit pegel linu yang banyak dirasakan warga setempat. Mereka berbondong-bondong datang untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis.

“Kebanyakan warga yang ke sini kan lanjut usia sehingga yang dikeluhkan pegel linu. Setelah kita periksa, kebanyakan juga hipertensi,” jelas Kasi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes, dr Susana Indahwati.

Selain di Bumiaji, kegiatan yang sama dilaksanakan di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, dan Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Yang didapat pun sama pegel linu dan hipertensi.

“Kegiatan ini dalam rangka HUT Kota Batu sekaligus menyongsong Hari Kesehatan Nasional. Peserta setiap kali pengobatan massal kami batasi 250 orang,”  kata dr Susana.

Selain  pengobatan gratis, tim Dinkes dibantu Tim Kesehatan RS Hasta Brata dan RS Karya Husada mensosialisasikan hidup sehat. “Kami bagikan juga handuk, sikat dan pasta gigi, serta sabun untuk karakter hidup sehat,” tandasnya.-