Hindari Empat Hal Ini Jika Tak Ingin Pahala Puasa Hilang!

0
76
H Abdul Rachim Ismail saat Kultum di Masjid Brigjen Soegiono (fathul)

MALANGVOICE – Bulan Ramadan harus disikapi dengan ibadah yang sempurna. Jika tidak di perhatikan, pahala berpuasa akan hilang, sehingga menahan lapar dan haus di siang hari akan sia-sia belaka.

Dalam kuliah tujuh menit (Kultum) usai Salat Dzuhur di Masjid Brigjen Soegiono, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batu, H Abdul Rachim Ismail, menjelaskan, beberapa amalan yang bisa menghanguskan pahala berpuasa.

“Jangan berbohong, ghibah atau menggosip, namimah atau adu domba, bersumpah palsu, dan melihat sesuatu yang mendatangkan gairah syahwat. Empat hal ini dapat menghapuskan pahala puasa,” ungkap Abdul Rachim.

Dikatakannya, amalan-amalan itu tidak membatalkan syarat rukun puasa. Namun pahalanya saja yang dibatalkan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. Sehingga, Abdul Rachim berpesan agar umat Islam menjauhi empat perkara itu.

“Puasa secara bahasa diartikan menjadi menahan, menahan dari apa? Dari makan minum sejak fajar sampai lingsirnya matahari. Kalau menahan makan minum saja, insyallah semua bisa. Tapi menahan lain-lainnya ini yang susah,” imbuhnya.

Ia kemudian mengutip hadits lainnya, yang menyebutkan adanya satu lagi perbuatan yang menghapuskan pahala puasa. Yaitu berkata kotor.

“Siapa yang tidak meninggalkan perkataan kotor, kemudian orang itu puasa dengan berdusta, maka Allah nggak butuh dengan puasa model seperti itu,” tandas Abdul Rachim.