Herbochi, Kerajinan Ramah Lingkungan Manfaatkan Limbah Kaca

0
161

MALANGVOICE – Kreatif memanfaatkan limbah kaca, mengantarkan Desi Suci Permata Sari, sukses mengenalkan Herbochi Creative Store, sebuah usaha kerajinan kreatif dan ramah lingkungan.

Wanita kelahiran Batu, 1991 itu, bergelut di bisnis kerajinan kaca ini karena pedulinya pada limbah kaca yang ada di sekitar tempat tinggalnya di Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu.

Uci, demikian panggilannya, bereksperimen merubah limbah kaca menjadi vandel berhiaskan kata-kata mutiara. Barang itulah yang saat ini menjadi unggulan Herbochi (Herbologi Ala Uchi).

Bisnis kerajinan dari limbah kaca ini, ia tekuni setelah lulusan dari jurusan Farmasi Universitas Brawijaya dan Program Apoteker Universitas Indonesia. Pada 2011, bermodal pengalaman aktif di BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) terinspirasi untuk membuka usaha ramah lingkungan.

 

920

Ditemui MVoice di rumahnya, Jalan Kelengkeng Nomor 26, Desa Oro-Oro Ombo, Batu, Uci tampak sibuk berkreasi dengan beberapa potongan kaca. Potongan kaca itu lalu dipotong dan dicuci.

Setelah dijemur sampai kering, kaca ditempeli dengan sticker vinyl transparan. Kemudian potongan kaca dirangkai dengan menggunakan lem menjadi vandel yang menarik.

Uci mengaku butuh proses waktu lama untuk mencari bentuk vandel yang layak jual. “Dulu, saya bereksplorasi dengan pembuatannya, mulai dari stickernya, lalu lemnya, dan cara menempelkannya,” tutur Uci.

Ia akui, beberapa kali gagal membentuk model yang sempurna. Terkadang lem kelihatan atau tempelan sticker tidak rapi. ”Sekarang saya sudah menemukan proses pembuatan paling tepat. Lebih cepat dan rapi,” ungkap Uci sembari menunjuk beberapa contoh produk.

Hasil kerja keras Uci, ia pun mengenalkan barang produksinya di Bandung Creative Movement 2015, beberapa bulan lalu. Di ajang pameran itu, teman-temannya sesama pengrajin menyarankan Uci untuk mematenkan nama Herbochi.

Namun, mematenkan nama Herbochi bukan hal yang gampang. Ia katakan, butuh biaya besar dan proses waktu panjang. Gayung bersambut, APKB (Asosiasi Pengusaha Kota Batu) merekomendasikan Herbochi ke UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Oktober lalu karya Herbochi telah dipatenkan.

Untuk mengembakan usaha ini, Uci mengaku menggandeng teman-temannya semasa kuliah.

”Ada yang saya ajak jadi fotografer produk, desainer, dan bagian marketing. Semuanya teman saya sendiri,” tutur Uci sambil menambahkan saat ini sedang merancang suvenir pernikahan dan suvenir tempat-tempat wisata.-