Hebat, Puluhan Budaya Nusantara Tersaji di Unitri

0
403
Parade Budaya Nusantara Unitri 2016. (deny)

MALANGVOICE – Keberagaman budaya yang ada di Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang, hari ini ditunjukkan dengan menggelar Parade Budaya Nusantara.

Kegiatan yang diawali dari karnaval keliling kampus serta kawasan Dinoyo itu, menurut Ketua Panitia Parade Budaya Nusantara, Agung Suprojo, sekaligus mewadahi mahasiswa dari luar pulau untuk memamerkan budayanya.

Budaya2

“Karena Unitri dikenal dengan miniatur nusantara, jadi kami munculkan di sini sebagai icon,” katanya pada MVoice, beberapa menit lalu.

Selain menampilkan budaya hampir 50 daerah se Indonesia, acara itu kata Agung, juga bisa mengurangi gesekan antar mahasiswa dan menjalin komunikasi.

“Kami ingin setiap mahasiswa yang kuliah di sini merasa seperti berada di daerahnya sendiri. Kami tak ingin gesekan antar mahasiswa dari lain daerah,” lanjut Kabiro Kemahasiswaan itu.

Sementara itu, mahasiswa Provinsi NTT, Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), mengaku senang bisa mempromosikan budaya daerah asalnya seperti tari Tais, atau tarian untuk prosesi pernikahan dan penyambutan tamu.

“Kalau begitu kan bisa mengerti bagaimana budaya kami, seperti tarian dan makanan khas kami,” kata Selly.

Parade Budaya Nusantara Unitri tahun keempat ini ditutup dengan acara gerak jalan bersama pada Minggu besok.

Sementara itu, 29 stan di depan kampus masih berdiri untuk memamerkan makanan, wisata, seni budaya masing-masing.