Hebat… Mahasiswa Fakultas Teknik UB Juara LKTI di IPB

0
499
mahasiswa tim juara FT UB (istimewa)

MALANGVOICE – Tim gabungan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) meraih Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat universitas, Agrivolution.

Kompetisi bertema Engineering Applications in Precision Farming for National Agriculture Optimalization itu diselenggarakan Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor (IPB), 17-18 September 2016.

Pada kompetisi yang menjadi bagian dari Mechanical and Biosystem Fair (MBF) ini, panitia menetapkan 10 finalis dari 50 abstrak.

Tim dari UB terdiri dari Dwiki Ananda Putra (Ketua Tim-Teknik Mesin), Fauzan Rahmat Shiddiq (Teknik Mesin), Alfian Khairi (Teknik Elektro), dan dibimbing dosen Dr Eng Nurkholis Hamidi ST MEng. Mereka membawakan karya tulis dengan judul Desain Mesin Pengering dengan Sistem Chiller Berbasis Teknologi Ultrasonik.

“Kami mendesain mesin yang berfungsi mengeringkan buah-buahan atau tumbuhan herbal dengan sistem pendinginan dan gelombang ultrasonik yang nantinya akan menjadikannya olahan pangan serbuk,” kata Dwiki.

Dwiki menjelaskan, konsep mesin ini digunakan untuk menghasilkan makanan kering dengan kualitas tinggi yang dapat menjaga sifat dan kualitas makanan. Karena itu mesin ini cocok digunakan sebagai proses awal produksi makanan serbuk seperti obat-obatan herbal, tepung buah, dan minuman serbuk.

Anggota tim lainnya Fauzan menambahkan, tim telah melakukan berbagai inovasi berdasarkan pengalaman tim ketika mengikuti kompetisi-kompetisi sebelumnya.

“Kita sekarang lebih memperhatikan detail desain kami, seperti pompa vakumnya dan sistem pendinginannya berdasarkan masukan dari lomba-lomba yang sebelumnya,” ujarnya.

Anggota yang mendesain bagian kelistrikan Alfian Khairi, memaparkan keunggulan mesin ini dibandingkan mesin pengeringan lain seperti freeze dryer adalah lebih cepat, lebih hemat, hasil pengeringan lebih merata, dan lebih hemat energi.

“Alat ini sekarang masuk dalam tahap pembuatan prototype,” jelas mahasiswa Jurusan Teknik elektro tersebut.