Hebat, Kamera Karya Mahasiswa Poltekom Ini Mudahkan Peneliti Fauna

0
558
Kamera (anja)

MALANGVOICE – Sebuah inovasi baru berhasil diciptakan salah satu mahasiswa semester akhir Politeknik Kota Malang (Poltekom) jurusan Mekatronika (Mekanik Elektronik dan Robotika). Ialah Dian Alfi, berhasil menciptakan Auto Rotate Camera Trap, sebuah kamera potret dan rotasi otomatis yang bisa digunakan mengidentifikasi hewan di hutan.

Dosen Mekatronika, Aditya Kurniawan, menjelaskan alat itu merupakan hasil dari tugas akhir mahasiswa. Kamera tersebut akan memudahkan peneliti atau petugas hutan ketika akan mendeteksi keberadaan hewan dalam hutan.

Desain robot seperti batang pohon. (anja)
Desain robot seperti batang pohon. (anja)

“Kalau pakai kamera ini, hewan akan terpotret dengan mudah. Tujuannya kan untuk melihat apakah hutan itu dalam kondisi baik. Makin banyak hewan berarti makin baik hutan itu,” katanya kepada MVoice.

Untuk fitur, alat itu dilengkapi dengan kamera Go Pro, sensor cahaya dan sensor gerak. Sensor cahaya berfungsi untuk menangkap cahaya. Ketika hari sudah gelap, maka kamera akan memotret dengan chaya flash.

Sedangkan sensor gerak itu berfungsi untuk menangkap gerak objek sehingga kamera akan berotasi sesuai dengan arah objek itu bergerak. Untuk desain, alat itu dimodel mirip dengan batang pohon sebagai nilai estetika dan dilengkapi dengan tali untuk mengikatkannya di poton.

“Ini lebih bagus hasilnya. Karena kamera konvesional biasanya hanya satu arah saja kan,” katanya

Berkat kreatifitas itu, alat ini didanai hibah Kemenristek Dikti dan rencananya akan ditawarkan ke Kementrian Kehutanan.

“Bakal ada penambahaan fotur modul GSM. Jadi hasil potret itu akan dikirim langsung ke komputer pusat. Kita tidak perlu repot bolak-balik ambil memory card lagi,” tutupnya.