Hasyim: ICIS Usung Tema Moderasi

0
39
Hasyim Muzadi dan Rektor UIN.

MALANGVOICE – Sekretaris Jenderal (Sekjen) International Conference of Islamic Scholar (ICIS), KH Hasyim Muzadi, menegaskan, konferensi akan mengusung tema moderasi sebagai jawaban pemikiran ekstrem di dunia Islam yang selama ini meresahkan dunia.

Menurutnya, saat ini dunia sedang beralih dari pemikiran di Timur Tengah kepada pemikiran Islam di Asia Tenggara, dimana Indonesia menjadi sentral sebagai negara dengan umat Muslim terbesar di dunia.

“Selama ini banyak ketimpangan hukum, sosial, budaya dan politik dan dalam konferensi ini akan kami beri ukuran moderasi,” kata Hasyim Muzadi, beberapa menit lalu.

Permasalahan tersebut, kata dia, akan diberi solusi dengan model integrasi antara wawasan keagamaan, spiritualisme dan keilmuwan. “Wawasan kebangsaan nanti ini akan dipaparkan ICIS, soal keilmuwan ada di UIN Maliki dan spiritualitas ada para Sufi,” bebernya.

Indonesia dinilai Hasyim Muzadi sangat strategis dalam menyebarkan Islam Moderasi, dan Pancasila nanti dijadikan sebagai alternatif antara negara sekuler dan negara agama.

Sementara Rektor UIN Maliki, Mudjia Rahardjo, menegaskan, pihak kampus sudah siap dengan kegiatan internasional yang digelar 23-25 November itu

“Karena ini manfaatnya bagi UIN adalah agar kampus ini lebih baik dan dikenal sebagai kampus bertaraf internasional,” kata Mudjia.-