Hasan: Hentikan Kekerasan Pakai Nama Islam

0
48
Mantan Menlu RI, Hasan Wirajuda. (deny)

MALANGVOICE – Mantan Menteri Luar Negeri RI era Presiden SBY, Hasan Wirajuda, berharap output dari konferensi internasional yang diselenggarakan di Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim ini bisa mengurangi kekerasan dimana pun yang mengatasnamakan Islam.

Hal itu dikatakan Hasan, sebelum berbicara di depan peserta International Conference of Islamic Scholars (ICIS), di kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, siang ini.

Menurutnya, kekerasan teroris di berbagai belahan dunia sudah sangat mengkhawatirkan, apalagi sampai mengatasnamakan Islam.

”Karenanya, di sini, dengan banyaknya perwakilan tokoh dan cendikiawan Islam, diharapkan bisa mengatasi, bahkan menghentikan itu,” kata Hasan Wirajuda kepada wartawan.

Dalam materi yang berjudul ‘Tantangan Islam di Dunia Global’ , Hasan mengingatkan Islam kembali pada rahmatan lil alamin dengan moderasi sesuai syariah.

Selain Hasan Wirajuda, hari ini bakal diisi tiga pemateri, Tun Dato Sri Haji Abdullah bin Haji Ahmad Badawi (Malaysia), Prof Abdus Samad Antonio Romero (Spanyol), dan Michel Privot (Belgia).-