Hari Susu Nusantara: Produksi dan Konsumsi Susu Dalam Negeri Harus Naik

0
396
Peringatan Hari Susu Nusantara di Samantha Kridha (anja)

MALANGVOICE – Dalam rangka mendorong perkembangan industri persusuan dalam negeri, pemerintah memanfaatkan Hari Susu Nusantara (HSN) sebagai momentum tepat melaksanakan konsolidasi dengan stakeholder untuk membangkitkan persusuan Indonesia melalui aneka terobosan.

Pagi ini, di gedung Graha Samantha Krida Universitas Brawijaya, Kementrian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Pertenakan dan Kesehatan Hewan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Peternakan memperingati HSN mengangkat tema ‘Sehat, cerdas, sejahtera, dengan minum dua gelas susu setiap hari’.

Stakeholder industri persusuan diberi penghargaan (anja)
Stakeholder industri persusuan diberi penghargaan (anja)

Kegiatan diisi dengan rangkaian lomba mewarnai, demo memasak, pameran, dan gerak jalan sehat.

Pada puncak acara, hadir juga Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo. Dia menjelaskan pentingnya konsumsi minum susu dan produksi susu di Indonesia. Ia juga bangga, Jawa Timur telah menjadi sentra industri susu dan diakui oleh Dirjen Pertenakan dan Kesehatan Hewan.

“Pasuruan adalah salah satunya kota dengan jumlah sapi perah terbanyak 80 ribu sapi perah. Kabupaten Malang mencapai 75 ribu. Disusul kabupaten Kediri, Probolinggo, dan Trenggalek. Saya sebut masyarakat sapi karena mereka ini tidak bisa tidur kalau tidak ada sapi,” katanya, dalam sambutannya, beberapa menit lalu.