Hari Pertama Pendaftaran Petugas Sensus Ekonomi Masih Landai

0
88
Erny Fatma Setyoharini

MALANGVOICE – Jumlah pendaftar petugas Sensus Ekonomi 2016 di BPS Kota Malang hari pertama terlihat sepi. Hingga pendaftaran ditutup pukul 15.00, calon pendaftar yang mengambil formulir masih berjumlah sekitar 120 lembar.

Subject Matter Sensus Ekonomi 2016, Erny Fatma Setyoharini, memperkirakan jumlah pendaftar akan meningkat esok hari dengan asumsi hari pertama belum banyak calon pendaftar yang mengetahui rekruitment dilangsungkan pada hari ini.

“Mungkin baru besok ramainya. Kami sudah menyebarkan pemberitahuan melalui website masing-masing kecamatan bahwa hari ini dibuka pendaftaran petugas Sensus Ekonomi 2016,” jelas Erny.

Perempuan berjilbab tersebut menjelaskan, tiap BPS memiliki skema perekrutan berbeda khusus untuk lokasi dan jumlah tenaga yang diambil. Ia mencontohkan, di Kabupaten Malang, pengambilan formulir dan pengembaliannya dilakukan di masing-masing kecamatan yang berjumlah 33. Sedangkan untuk Kota Malang yang jaraknya berdekatan,

pengambilan dan pengembalian formulirnya dilakukan di satu lokasi, yaitu kantor BPS Kota Malang.

“Baru untuk seleksi tulis dan wawancara dilakukan di masing-masing kecamatan,” urai dia.

Ia menjelaskan, pelayanan pengembalian formulir dilakukan di halaman belakang BPS Kota Malang, terdapat meja pelayanan yang disesuaikan dengan masing-masing kecamatan.

Berkas formulir dari para pelamar dimasukkan ke dalam stopmap yang warnanya disesuaikan dengan kecamatan, biru untuk Kedungkandang, kuning untuk Sukun, merah untuk Klojen dan Blimbing serta hijau untuk Lowokwaru.

Sensus Ekonomi sendiri akan dilaksanakan pada Mei 2016 secara serentak di seluruh Indonesia. Di Kota Malang, BPS Kota Malang merekrut sebanyak 1.619 personel yang bertugas sebagai Petugas Pencacah Lapangan(PCL).

Mereka akan melakukan survei, dimana satu PCL memiliki coverage wilayah 2 blok yang di dalamnya terdapat sekitar 80 hingga 120 objek sensus.

“Jumlah itu didasarkan pada Sensus Ekonomi 2006. Kemungkinan tahun ini jumlahnya membludak,” tegas dia.