Hari Ini, SMK Penerbangan Singosari Terima Pesawat Buatan Italia

0
114
Pesawat Marchetti yang dihibahkan ke SMK Penerbangan Singosari (ist)
Pesawat Marchetti yang dihibahkan ke SMK Penerbangan Singosari (ist)

MALANGVOICE- Hari ini bisa jadi merupakan saat membanggakan bagi SMK Penerbangan Singosari. Sekolah yang mencetak calon penerbang ini menerima hibah pesawat Marchetti SF 260 nomor register LM 2611 dari Lanud Abdurrachman Saleh, di hanggar SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang, pukul 09.30 nanti.

“Pesawat itu bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini sebagai bukti nyata kepedulian TNI AU di dunia pendidikan, pembinaan potensi dan cinta dirgantara,” jelas Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Abdurrachman Saleh, Mayor (Sus) Hamdi Londong Allo, beberapa menit lalu.

Londong menambahkan, Marchetti merupakan pesawat LK atau Latihan Khusus buatan Italia tahun 1964. Fungsinya, untuk melatih calon pilot.

Laki-laki yang terkenal supel ini menjelaskan, Marchetti juga hibah dari AU Singapura, semuanya berjumlah 19 pesawat. Sesuai dengan fungsinya, pesawat ini digunakan untuk latihan para pilot TNI AU, khususnya  di Skadron Udara 2 sejak 2002.

“Pesawat Marchetti termasuk dalam kategori pesawat ringan dengan berat maksimum 1102 kilogram dan berkapasitas tiga penumpang, mampu terbang dengan kecepatan jelajah maksimum 330 kilometer per jam, pada ketinggian jelajah 10 ribu kaki,”  tandasnya.